Cara Membuat Blog di Blogspot Dengan Domain Sendiri (web.id) | Media Pendidikan

Sabtu, 15 Oktober 2011

Cara Membuat Blog di Blogspot Dengan Domain Sendiri (web.id)

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Blogger.com
Blogger.com


Cara Membuat Blog Dengan Domain web.id Menggunakan Custom Domain

Banyak temen teman guru yang blognya menggunakan layanan gratis dari google yaitu Blogspot (blogger.com), kali ini saya akan berbagi tentang cara agar blog yang sudah kita buat bisa menggunakan domain sendiri, namun kali ini saya lebih fokus menggunakan domain web.id (domain resmi Indonesia untuk personal, cukup murah Rp.25.000,- per Tahun).


Apa Itu Custom Domain di Blogspot ?

Konsep custom domain sangat sederhana. Memiliki blog di blogspot sangat mudah dan murah (gratis malah). Namun blog di blogger/blogspot menyisakan satu masalah: alamat URL yang sangat panjang (karena diembel embeli .blogspot.com), terlihat generik, dan tampak kurang pro SEO.

Maka dari itu, dibuat lah custom domain. Konsepnya begini:,misalkan anda memiliki sebuah blog di blogspot yang beralamat di http://namaanda.blogspot.com. namun masalahnya: kepanjangan, terlihat generik dan tampak kurang pro SEO kan? Maka dari itu, anda milikilah domain http://www.namaanda.web.id. (sterlihat lebih gagah kan) Dengan custom domain, http://www.namaanda.web.id di set menjadi alias atas
http://namaanda.blogspot.com.

Sederhananya, custom domain blogger membuat http://namaanda.blogspot.com dapat di akses dengan alamat http://www.namaanda.web.id

Contoh blog yang menggunakan Custom Domain Blogger: adalah http://www.m-edukasi.web.id/

Kelebihan Menggunakan Custom Domain Blogger

  • Tidak seperti self hosted wordpress dimana kita perlu membeli domain dan mengurus hosting, dengan Custom Domain Blogger kita cukup membeli domain dan masalah hosting kita tetap menggunakan servernya Blogger.com
  • Tidak perlu dipusingkan dengan security karena server ditangani oleh pihak blogger.com
  • Pengunjung yang masuk ke alamat blogger (ex: http://namaanda.blogspot.com) tetap akan di redirect ke halaman custom domain anda (ex: http://www.namaanda.web.id)

Kekurangan Menggunakan Custom Domain Blogger

  • Self Hosted WordPress masih lebih fleksibel dalam penambahan fungsi dibandingkan dengan custom domain blogger. contoh sederhana saja: setting permalinks.

Cukup sederhana kan penjelasannya?

Langsung ke langkah langkahnya saja :
  1. Buat blog di blogger.com (pasti sudah bisa)
  2. Beli domain web.id di http://www.pandi.or.id/ (bisa saya bantu kalau kesulitan)
  3. Konfigurasikan domain, atur pengaturan Custom Domain Blogger.
  4. Konfigurasi DNS domain web.id menggunakan bantuan penyedia dns gratis juga http://freedns.afraid.org  masukkan domain www.namaanda.web.id pilih CNAME isikan dengan ghs.google.com
  5. Konfigurasi domain anda tidak langsung fix. Tunggu beberapa waktu hingga konfigurasi berjalan dengan sempurna. biasanya 1 X 24 jam hingga 1 X 48 jam. karena domain baru kita harus menyebar dulu.
Nah, untuk detailnya, saya juga belum bisa menuliskannya disini, tunggu artikel selanjutnya.

Bagaimana pendapat anda menganai custom domain blogger? jika anda tertarik kami siap membatu untuk setting blog anda. Sampaikan pendapat atau mungkin pengalaman anda mengenai Custom Domain Blogger di kolom komentar.

kelanjutan dari tutorial ini silahkan baca di CARA SETTING AFRAID DNS . Terimakasih.
Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Cara Membuat Blog di Blogspot Dengan Domain Sendiri (web.id), antara lain :
Bila Artikel Cara Membuat Blog di Blogspot Dengan Domain Sendiri (web.id) dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Cara Membuat Blog di Blogspot Dengan Domain Sendiri (web.id) ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



10 komentar:

kholil almansur mengatakan...Jawab

kunjung balik gan. makasih

Teguh mengatakan...Jawab

ijin tanya,,,cara Konfigurasi DNS domain web.id menggunakan bantuan penyedia dns gratis http://freedns.afraid.org gimana?? tolong beri penjelasan yang lebih spesifik lagi... penjelasan diatas kurang lengkap. Saya masuk di http://freedns.afraid.org terus sudah daftar,,, sudah masukin domain saya tapi tdk da pilihan pilih CNAME. Mohon penjelasannya.
Sebelumnya makasih.

Guru Professional mengatakan...Jawab

wah jadi pingin... punya blog dengan nama sendiri tanpa ada emebl2 yang panjang..

BJGP mengatakan...Jawab

saya tertarik mau buat ... bisa bantu..??

BJGP mengatakan...Jawab

sama kasus kayak pak teguh : cara Konfigurasi DNS domain web.id menggunakan bantuan penyedia dns gratis http://freedns.afraid.org gimana?? tolong beri penjelasan yang lebih spesifik lagi... penjelasan diatas kurang lengkap. Saya masuk di http://freedns.afraid.org terus sudah daftar,,, sudah masukin domain saya tapi tdk da pilihan pilih CNAME. Mohon penjelasannya.
Sebelumnya makasih.

Fauzan A Mahanani mengatakan...Jawab

silahkan baca iniCARA SETTING AFRAID DNS , maaf baru sempat membuatkan tutorialnya

Agus Dwianto SPd mengatakan...Jawab

Ini jawaban Mas Fauzan :
http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/cara-setting-dns-blogspot-dengan-domain.html

admin mengatakan...Jawab

apakah blog yang sudah di aliaskan bisa diedit?
apakah editnya bisa di blogspot?

thalitareloadpulsa.com mengatakan...Jawab

Mantab, Gan.. Tutorialnya lengkap banget.. Begitu tak praktekin, hasilnya langsung maknyus.. Makasih, Gan..

Rony Wijaya mengatakan...Jawab

salam kenal mas,

Izin mampir sesama blogger .web.id sekalian mohon dukungannya agar domain kita ini tidak diblokir facebook. Selama ini dianggap spam loh kalo pakai .web.id

http://www.ronywijaya.web.id/2014/04/facebook-block-domain-web-id-indonesia.html


Poskan Komentar

Artikel Favorit