Selasa, 31 Januari 2012

Membuat E-Learning Berbasis Moodle dengan GNOMIO

E-learning adalah salah satu pembelajaran berbasis teknologi. Kata E-learning diambil dari kata electronic learning. Berdasarkan dari kata-kata tersebut sebenarnya kita pernah mempraktikkannya di kelas manakala kita memerlukan media TV , Radio atau pun Tape. Dalam perkembangannya E-Learning identik dengan pembelajaran berbasis internet. Kelebihan pembelajaran berbasis internet ini ada pada ciri internet yang biusa diakses kapan saja dan di mana saja. Tentu hal tersebut tidak berarti menggantikan peran guru di kelas.

Ada beberapa situs yang menyediakan fasilitas gratis untuk pembuatan e-learning. Beberapa diantaranya yang pernah saya coba adalah ninehub.com, Gnomio.com. Situs-situs tersebut menggunakan Moodle sebagai pembangun situs yang berbasis LMS ( Learning Management System ). Moodle saat ini masih menjadi favorit beberapa pengguna LMS. Selain moodle ada pula Drupal. Nah, berikut ini teman-teman bisa mengunduh tutorial tentang cara mengelola LMS dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh GNOMIO.COM

Download Tutorialnya di sini

Sumber : http://autodidaks.blogspot.com
BACA SELENGKAPNYA »

Minggu, 29 Januari 2012

Install Moodle dengan Subdomain di Idhostinger


Mempunyai sebuah blog pembelajaran memang memberikan kebanggan tersendiri bagi seorang guru seperti saya. Setidaknya saya sudah turut serta dalam mengembangkan pembelajaran berbasis IT bagi anak didik di sekolah. Namun, blog pembelajaran akan terasa kurang tanpa adanya fasilitas e-learning di dalamnya. Sama halnya dengan blog Belajar IPA Online (BIO) yang selama ini saya kelola. Blog BIO hanya berisi materi pembelajaran yang dilengkapi dengan gambar animasi, video pembelajaran serta naskah dan pembahasan soal yang saya buat dalam format pdf. Untuk itu demi memberikan layanan yang lebih bagi para pembaca blog BIO saya berusaha untuk membuat fasilitas e-learning di dalamnya.

Keinginan saya untuk membuat fasilitas e-learning di blog BIO terkendala dengan kapasitas hosting yang masih rendah. Sebagai solusinya saya membuat sub domain yang akan saya manfaatkan sebagai link e-learning blog BIO dengan menggunakan akun saya di webhosting Idhostinger. Kenapa saya memilih Idhostinger? Kelebihannya dapat anda lihat di sini

Dalam mengembangkan fasilitas e-learning, saya menggunakan Moodle yang saya install pada subdomain e-learning.sukasains.com di Idhostinger. Nah, bagi blogger pemula seperti saya  yang ingin mengembangkan e-learning menggunakan Moodle pada akun Idhostinger, inilah langkah-langkah yang saya lakukan :
1. Masuk ke cpanel akun Idhostinger anda. 
2. Pada kontrol panel, beralihlah ke domain anda yang aktif.
3. Pada menu Domain, pilih Tambah domain

4. Pada kotak dialog, aktifkan tombol "saya ingin menggunakan domain saya sendiri". Pada kotak isian Domain www. isilah dengan nama domain e-learning yang akan anda buat, misalkan  e-learning.domainanda.com. Kemudian isikan pasword dan tuliskan karakter (huruf) yang ada dibawahnya dan klik tombol buat. Tunggu beberapa saat sampai Idhostinger mengaktifkan subdomain anda.

5. Jika subdomain e-learning.domainanda.com sudah aktif, masuk pada kontrol panel dan beralihlah pada akun subdomain tersebut. 

6. Pada sidebar kanan akan terdapat informasi akun subdomain e-learning.domainanda.com yang nanti sangat berguna saat membuat rekord DNS pada blog awal anda.

7. Langkah berikutnya adalah membuat DNS record di blog awal (blog Belajar IPA Online) . Masuk ke cpanel blog awal anda kemudian pada menu Domain pilihlah Advanced DNS Zone Editor.

8. Pada kotak dialog Advanced DNS Zone Editor isikan :
(pada blog pembelajaran tambahkan link e-learning.domainanda.com)

  • Name : e-learning.domainanda.com (sesuai dengan nama subdomain yang telah anda buat di Idhostinger)
  • TTL : 14400
  • Type : A
  • Address : tulislah IP Address subdomain e-learning.domainanda.com yang ada pada Idhostinger (lihat pada informasi akun)
  • Jika telah selesai, klik Add record.
9. Untuk menginstall Moodle pada subdomain, kembali ke kontrol panel subdomain e-learning.domainanda.com. Pada menu Website, pilihlah Penginstal otomatis dan pilih Moodle. Pada kotak isian Moodle, biarkan isian Install ke : tetap kosong, anda cukup menuliskan username dan pasword anda, selanjutkan klik Install Moodle.

10. Jika proses install selesai maka http://E-learning.domainanda.com/ sudah dapat diakses. Silakan login ke admin Moodle anda untuk membuat pengaturan fasilitas E-learning anda.
Bagaimana, mudah bukan? Jika saya yang awam dalam dunia blog bisa membuatnya, anda pun pasti bisa. Selamat mencoba!
BACA SELENGKAPNYA »

Sabtu, 28 Januari 2012

Hasil Kompetisi Microsoft National Innovative Teachers 2011

Microsoft telah mengumumkan hasil Kompetisi Microsoft National Innovative Teachers 2011 di Taman Pintar Yogyakarata. Microsoft National Innovative Teachers merupakan program kerjasama Microsoft Indonesia dengan Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Inovasi-inovasi yang muncul dalam ICT Based Learning diantaranya berupa implementasi  Multimedia Pembelajaran Inovatif (MPI) yang lebih modern dari sekedar media pembelajaran konvensional dan membawa nafas kehidupan baru dalam penyelenggaraan pendidikan. MPI yang  sering disebut dengan CD Interaktif tersebut merupakan sumber  belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran mandiri yang berisi satu topik sajian yang utuh dari standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu yang dikembangkan dengan menggunakan berbagai software aplikasi. Berbagai penelitian hampir selalu menyebutkan bahwa kegiatan ini  berdampak postif  pada proses pembelajaran dengan adanya kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan kemudahan bagi siswa menyerap materi pelajaran.

Kompetisi ini menantang para guru di seluruh Indonesia untuk membuat materi pendidikan inovatif berbasis TIK, yang digabungkan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk membuat praktek terbaik yang dapat dinikmati para pelajar dan bermanfaat bagi program pengajaran. Terdapat 4 kategori dalam kompetisi ini, yaitu Most Creative, Most Innovative, Most Original, dan Most Edutaining.


Dari 80 lebih peserta Kompetisi ini, dewan juri telah menyeleksi sebanyak 15 finalis Para finalis tersebut adalah :

No
Nama
Sekolah Asal
Judul Karya
1
Suryanto
SDIT Muh. Al-Kautsar
Organ Pernafasan Manusia
2
Dodik Isdiyantoro
SMPN 3 Satu Atap Miri
Pesawat Sederhana
3
Estu Pitarto,S.Pd
SDI Al Azhar 14
Ayo, Sinau Aksara jawa
4
Hanafi, S.Ag
SMA Khadijah
Bina Ucap Al-Qur'an Digital
5
Ahmad Taufik,S.Pd.I
SMAN 1 Karangtengah-Demak
Kaum Dhuafa
6
Sukasmo, S.Pd
SMP N 2 Kaliwungu
Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan powerpoint melalui metode STAD pada pokok bahasan Cahaya di SMP N 2 Kaliwungu Tahun Pelajaran 2010/2011
7
Nura Uma Annisa, S.Pd
TK ISLAM AL AZHAR 22
Mari Mengenal Indonesia
8
Evi Rachmawati
SD Al Hikmah Surabaya
Mengurutkan bilangan 1-20
9
Argo Suseno
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto
MPI: Game Interaktif Mengenal Alat Komunikasi dan Informasi
10
Fauzan A Mahanani
SMK Darunnajah Banjarmangu
Elektronika itu Asyik (Resistor)
11
M. Zulham
SMP Negeri 1 Sedayu
Penggunaan Multi Media Interaktif Pada Konsep Atom, Ion, Molekul Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 1 Sedayu Tahun Pelajaran 2010-2011
12
Cholis Mahmudah
SMA Bakti Ponorogo
Penggunaan Permainan Teka Teki Kimia Dan Ular Tangga Berbasis Tik Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia Kelas X Semester I Sma Bakti Ponorogo

Aris Prasetyo
SMP N 4 Satu Atap Karangmoncol
Kreasi Limbah Cangkang Telur
13
14
Kurnia Yahya
SMK Negeri 1 Kalitengah
Multimedia Interaktif, Fotografi Digital
15
Arsyad Riyadi
SMP N 2 Pengadegan
Hukum Newton Tentang Gerak



Dari 15 finalis tersebut diambil 4 pemenang, yang selanjutnya para pemenang akan akan berpartisipasi dalam Microsoft Partners in Learning Asia Forum 2012 di Auckland, New Zealand. Para guru pun akan berhubungan dan berkolaborasi dengan para kolega dari negara di Asia Pasifik, mereka adalah, Argo Suseno, Estu Pitarto, Dodik Isdiyantoro, Nura Uma Annisa.

Selain acara pengumuman pemenang Kompetisi Microsoft National Innovative Teachers 2011 acara yang tidak kalah seru adalah Launching Booth Corner Microsoft di Taman Pintar. Mirosoft juga ikut andil dalam melengkapi wahana pembelajaran dan wisata yang sudah ada di Taman Pintar Yogyakarta, yaitu wahana baru Zona Teknologi dan Informasi.
Zona teknologi informasi dan komunikasi yang dikembangkan Microsoft Indonesia dan Pemkot Yogyakarta ini merupakan pusat ilmu pengetahuan. Komunitas pengunjung bisa mendapatkan berbagai pengalaman aktivitas interaktif dan mencoba teknologi dan bisa memotivasi diri

Kepada rekan rekan guru yang lain yang belum menjadi juara untuk tetap berkarya dan berinovasi dalam pembelajaran..

" LET'S SHARE AND GROW TOGETHER!!"

BACA SELENGKAPNYA »

Senin, 23 Januari 2012

Nonton Bareng Film Pendidikan Karakter "UMI Amanah" bersama IGI Jateng

Pendidikan karakter saat ini di dengungkan dimana mana, Film Umi Amanah adalah salah satu film yang bisa di jadikan contoh pendidikan karakter dalam aplikasi sehari hari.

 


Dalam rangka mendukung rogram pemerintah dalam penguatan penanaman Pendidikan Karakter, IGI Jateng Mengajak Segenap Pengurus IGI Jateng dan Cabang-cabangnya, anggota IGI, atau masyarakat pemerhati pendidikan karakter + semua anggota keluarganya untuk bersilaturahim dan menikmati liburan bersama IGI jateng dan Flexy dalam acara "Nonton bareng Film Ummi Aminah, meet & greet" plus jumpa Artis (Revalenda S Temat, dkk),
Pada: Minggu, 5-02-2012 pukul 09.30 di Paragon Mall, Hotel & Shopping Centre Jl. Pemuda No. 118 Semarang (http://www.paragonsemarang.com/). HTM Rp. 15.000. Fasilitas: Kaos dan pulsa Rp.10.000
(pemilik no. flexy) or perdana flexy seharga Rp. 5000 + pulsa Rp. 5.000, dan Jumpa artis kenamaan.

Khusus Pengurus IGI Jateng dan keluarga Hubungi/sms HP. 085866449380 untuk pendaftaran. Lainnya, silakan hubungi Triyono, HP: 081325618418

PESERTA TERBATAS!


Thanks. Mampuono.





SINOPSIS


Produser: Gobind Punjabi, Raam Punjabi
Sutradara: Aditya Gumay
Penulis: Adenin Adlan, Aditya Gumay
Pemeran: Nani Widjaja, Rasyid Karim, Cahya Kamila, Gatot Brajamusti, Yessy Gusman, Budi Chairul
Tanggal edar: Kamis, 05 Januari 2012
Format syuting: HDV
Warna: Warna
Ummi Aminah (Nani Wijaya), ustadzah 68 tahun, memiliki jamaah setia mencapai ribuan. Ummi memiliki tujuh anak. Dari perkawinan pertamanya yang gagal, Ummi dikaruniai dua anak: Umar (Gatot Brajamusti) yang beristrikan Risma (Yessy Gusman). Risma adalah gambaran menantu yang selalu sinis dan tak memiliki relasi harmonis dengan keluarga Ummi. Risma selalu khawatir, keluarga Umar akan memanfaatkan kekayaan mereka. Ini yang membuat Umar kerap emosi hingga mengancam akan menceraikan Risma. Aisyah (Cahya Kamila), anak kedua, seorang ibu rumah tangga yang bersuamikan Hasan (Budi Chaerul), pegawai negeri golongan menengah dengan dua anak yang masih kecil.
Dari suami keduanya, Abah (Rasyid Karim), Ummi memiliki lima anak lagi: Zarika (Paramitha Rusadi), Zainal (Ali Zainal), Zubaidah (Genta Windi), Zidan (Ruben Onsu) dan Ziah (Zee Zee Shahab).Zarika, wanita karir sukses yang was-was dengan usianya. Ia belum punya jodoh. Zarika memiliki hubungan khusus dengan bawahannya -- Ivan (Temmy Rahadi) yang sudah beristeri, namanya Dewi (Elma Theana). Di jejaring sosial, Zarika menjadi bulan-bulanan. Ia dituduh sebagai perempuan perebut suami orang. Ummi marah besar dan merasa malu. Ia minta Zarika mengakhiri hubungan mereka.
Istri Zainal, Rini (Revalina S Temat), tengah mengandung anak kedua. Mereka masih menumpang di rumah Ummi. Kerja Zainal hanya menyopiri Ummi ke berbagai tempat ceramahnya. Untuk menambah penghasilan, Zainal mencoba jualan sepatu di tempat-tempat Ummi ceramah. Malang baginya, Zainal dimanfaatkan teman bisnisnya sebagai kurir narkoba. Penangkapan Zainal disaksikan jamaah Ummi. Berita pun menyebar, Ummi hanya bisa pasrah ketika semua tempat-tempat pengajian membatalkan undangan ceramah.
Bukan hanya  persoalan Risma, Zarika dan Zainal, masalah Zidan juga membuat Ummi harus lebih tawakal. Abah masih sulit menerima keadaan Zidan yang sifatnya seperti perempuan. Sementara Zubaidah merasa tak pernah diperhatikan Ummi. Pendidikannya rendah, Zubaidah merasa  tidak dipercaya Ummi sebagai asisten ustadzah kondang. Persoalan keluarga Ummi makin menggunung ketika Abah tertipu bisnis jual-beli tanah kontrakan. Semua rangkaian peristiwa memukul hati Ummi. Ummi memutuskan berhenti sebagai penceramah. 





"Ummi Amanah", Drama Religi Islami
JAKARTA, suaramerdeka.com - Setelah dinilai sukses menyutradarai film Emak Ingin Naik Haji,Lenong Bocah, dan Rumah Tanpa JendelaAditya Gumai kembali bersiap merilis film Ummi Amanah. Dalam media junket sekaligus penayangan behind the scene film bergenre drama religi itu, di Gedung Film, Jakarta, Kamis (1/12), Gumai mengatakan, dalam menggarap film ini dia mengajak kerja sama dengan sejumlah pemain bintang.

Di antaranya Nani Wijaya, Paramitha Rusady, Revalina S Temat, Zee Zee Shahab, Ali Zainal, Ruben Onsu, Aa Gatot Brajamusti, dan Atie Kanser.  Film berdurasi 104 menit dalam format HVD (red cam) yang kemudian ditransfer pada celluloid 35 MM itu. "Secara garis besar bernarasi tentang seorang penceramah wanita yang mempunyai tujuh anak dengan persoalannya masing-masing," kata Gumai.
Dia berharap film ini dapat memotret persoalan keluarga di Indonesia. Sekaligus memberikan tuntunan selain tontonan. Karena, menurutnya, banyak nilai-nilai positif dalam keluarga yang akan dituturkan di film ini. Seperti makna penting ikatan sebuah keluarga.
Untuk mendapatkan sudut pandang cerita yang berbeda, Gumai lebih menyoroti ironi-ironi kehidupan sehari-hari para pelakonnya. "Jadi, film ini sangat layak tonton, " ujarnya.
Lebih kurang 4000 ibu-ibu pengajian dari berbagai majelis taklim turut dilibatkan dalam penggarapan film yang menurut rencana akan dirilis pada 5 Januari 2012 ini. Aris Muda dari Multivision, berharap pendistribusian film Ummi Amanah sebagai pembukan film Indonesia di tahun 2012, diharapkan dapat merangsang para pembuat film lainnya mengangkat tema serupa, dan mulai meninggalkan tema-tema film horor dan komedi seks yang cenderung meminggirkan akal sehat.
Paramitha Rusadi yang mengaku selama syuting berlangsung dengan sangat menyenangkan, berharap film ini dapat memberikan sesuatu kepada penonton. "Anda tahu, syuting itu in the blood bagi saya. Jadi, saya senantiasa merasa senang setiap menjalani proses syuting, apalagi proses syuting film ini menyenangkan," kata Rusadi.
Hal senada dikatakan aktris senior Nani Wijaya, yang mengaku setelah sekian lama bergelut dalam dunia film, "Baru di film ini saya kembali mendapat kepercayaan berlakon sebagai salah satu peran utama," katanya.
Bagaimana pendapat Revalina S. Temat ihwal film ini? "Ini film khusus untuk para ibu-ibu di Indonesia, karena memotret kehidupan ibu-ibu kita. Jadi, selain filmnya dalem, juga natural," katanya.
sumber : suaramerdeka


BACA SELENGKAPNYA »

Jumat, 20 Januari 2012

Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) Tahun 2012

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan AJB Bumiputera 1912 akan menyelenggarakan Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) Ke-20 Tahun 2012. LKIG adalah ajang lomba kreativitas bagi guru dalam upaya pengembangan proses pembelajaran guna mempermudah pemahaman ilmu pengetahuan bagi para peserta didik.

TINGKAT DAN BIDANG LOMBA

•    Guru SD/sederajat: umum (salah satu pelajaran)
•    Guru SMP/sederajat dan SMA/sederajat: 2 Bidang yaitu Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) dan Bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Teknologi (MIPATEK)

RANGKAIAN KEGIATAN

24 September 2012 : Registrasi Peserta
25 September 2012 : Presentasi Finalis
26 September 2012 : Audiensi dan Malam Penganugerahan Pemenang
27 September 2012 : Kepulangan Peserta

HADIAH
Piala dan Piagam Penghargaan dari LIPI dan Uang Tunai dari AJB Bumiputera 1912

Hadiah I : Rp 12.000.000,-
Hadiah II : Rp 10.000.000,-
Hadiah III : Rp 8.000.000,-

PERSYARATAN
  1. Peserta adalah guru yang mengajar pada lembaga pendidikan formal.
  2. Belum pernah menjadi pemenang LKIG dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
  3. Sistematika Penulisan : Abstrak, Pendahuluan, Metodologi, Isi/Pembahasan, Kesimpulan dan Daftar Pustaka.
  4. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, diketik HVS A4, berjarak 1½ spasi dengan jenis huruf Arial ukuran 11.
  5. Karya ilmiah harus asli (bukan jiplakan/plagiat) dan belum sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis tingkat nasional.
  6. Jumlah halaman karya ilmiah maksimal 25 halaman (termasuk sketsa/gambar/foto).
  7. Melampirkan rekomendasi Kepala Sekolah dan Daftar Riwayat Hidup (nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah dan sekolah/instansi, telepon/HP, serta email).
  8. Karya ilmiah sebanyak 4 eksemplar (1 asli, 3 fotokopi) dan softcopy (CD) diterima panitia paling lambat tanggal 25 Agustus 2012.
  9. Pada pojok kiri atas sampul ditulis tingkat dan bidang lomba yang diikuti. Warna sampul karya ilmiah: SD (merah), SMP Bidang IPSK (kuning), SMP Bidang MIPATEK (biru), SMA Bidang IPSK (hijau), SMA Bidang MIPATEK (oranye).
  10. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.

Informasi lebih lanjut:
Panitia LK1G ke-20 Tahun 2012
Biro Kerja Sama dan Pemasyarakatan IPTEK LIPI
Sasana Widya Sarwono Lt.V
Jl. Jend Gatot Subroto 10
Jakarta Selatan 12710
Telepon : 021-52920839/021-5225711 Psw.273,274, dan 276
Fax. 021-52920839/021-5251834
sumber : web.lipi.go.id
BACA SELENGKAPNYA »

Artikel Favorit