Sebuah refleksi menuju perbaikan diri


Kawan, sungguh akan ada saat dimana segala sesuatu itu diselesaikan hanya antara Allah dengan kamu seorang, maka ikhlaskanlah setiap amal dan usaha dakwah kalian, ketahuilah, kita sedang mencatat sejarah dengan pena dakwah, bukan sedang menulis biografi demi ambisi pribadi.

Perbanyaklah ilmu, dan perhatikan setiap apa yang keluar dari ucapanmu, sungguh Ibnu Mas'ud pernah mengingatkan, 'ulama pada zamannya mudah ditemukan, namun khatib (penceramah) sulit dicari, dan hari ini, kita temukan penceramah ada di mana-mana, namun 'ulama (orang berilmu) sulit dicari.

Selalu perhatikan apa yang bisa kita tinggalkan dari hidup ini, sungguh para pendahulu kita telah pergi dengan amal2 terbaiknya, dan sebagiannya tidak pergi melainkan terus mengalir pahala mereka, ada yang pergi dengan warisan ilmunya, ada yang pergi meninggalkan berkah yang tumbuh dari hartannya, pun ada pula yang karena kesabarannya, Allah turunkan syariat sebagai buah dari ketaatan mereka.

Saudaraku, ingin sekali saya sampaikan bahwa kesempurnaan itu hanya milik Allah, maka jangan kita habiskan waktu untuk mencari kesalahan orang. Sungguh Allah telah haram-kan bulan ini sebagaimana haramnya atas kita, harta, darah, dan kehormatan seseorang diantara kita. Sadarkah, bahwa tidak ada kemuliaan seseorang atas yang lain kecuali kerana taqwa, maka janganlah kita merasa lebih utama karena tidak ada yang tahu siapa yang benar-benar berjuang di jalan-Nya [74:31].

Sahabat, hari ini kita temukan berbagai fitnah (ujian) di jalan dakwah, yang kata para 'ulama, saking buruknya situasi kita tidak bisa lihat tangan sendiri. Walau begitu, tetap pastikan Allah ada dalam setiap pilihan langkahmu, ketahuilah bahwa agama ini tidak diturunkan untuk membuat kamu sibuk dengan orang di sekitarmu, akan tetapi, agama ini mengajarkan agar engkau selalu memperhatikan apa kata Rabb-mu tentang dirimu.

Pada akhirnya, kita akan sadar bahwa diri sendiri jauh lebih berhak untuk terus dievaluasi, karena kita tidak tahu, bagaimana akhir dari hidup kita di dunia ini.

muhasabah untuk diri saya pribadi
1 Muharram 1437 H


EmoticonEmoticon