Friday, December 15, 2017

8 Langkah Mudah Cara Impor tanpa Modal

langkah mudah ekspor tanpa modal
Bagi sebagian orang, praktek dagang ekspor-impor mungkin merupakan hal yang sangat sulit. Kendala utama biasanya berupa modal, kurangnya pemahaman pasar, serta minim pengalaman.

Pada tulisan kali ini, M-Edukasi Bisnis akan memberikan tips cara mudah impor tanpa modal yang dibagikan oleh praktisi ekspor-impor Samian Pacing yang dipost lewat akun facebooknya. Berikut 8 langkah cara ekspor tanpa modal versi beliau:

Saya banyak chatting dengan teman2 di Facebook atau WhatsApp, mengapa mereka ga berani impor barang? Padahal peluang begitu besar. Ternyata kendala nya cuma satu MODAL. ya modal nya kurang atau gak cukup.

Sebenarnya kita hanya perlu membuka pikiran kita, kita peras sedikit, gimana supaya kita bisa action. Bagi teman2 yang ingin memulai bisnis impor namun blm cukup modal, ini saya kasih strategi nya. Strategi nya:

1. Cari barang yg ingin anda jual

Temukan produk yg lagi hot di pasaran. Lihatlah di berbagai marketplace lokal maupun international. Carilah produk best seller nya. Kalau sudah ketemu maka,

2. Cari supplier yg jual barang tersebut

Wajib ada. Nego2 dulu dan tanya2 ke mereka, terutama soal kualitas dan kelebihan2 produk itu. Termasuk soal pengiriman ke tanah air.

Baca juga: 6 Tips Emas bagi Para Eksportir Muda Indonesia


3. Ambil gambar dan video nya

Mintalah ke calon supplier anda, atau cari di web nya dia atau youtube, vimeo, youku, daily motion, dsb. Cari sebanyak-banyak nya. Sebagai bekal anda promosi ke calon pembeli produk anda.

4. Cari calon pembeli yang berminat dengan produk tersebut

Anda tawarkan ke teman anda, komunitas anda, marketplace pre order, instagram pre order, toko2 offline dan lain2nya. Atau para pemain dropship, atau para pemilik toko online. Bawalah foto dan video anda. Tunjukkan ke mereka. Naikkan harga sepantas nya. Jangan mahal2, jangan terlalu murah. Jangan lupa hitung ongkir dan pajak nya.

5. Dapatkan order dari mereka tadi

Setidaknya minimal selusin. Bijian juga bisa. Tergantung selera anda, main skala kecil atau skala besar. Konsumen anda retail atau grosir. Usahakan grosir ya. Biar gurih profit nya.

6. Kumpulkan duit dari calon buyer anda untuk beli dari Supplier Anda

Misal anda jual barang anda 150.000. Sedangkan harga di Luar Negeri cuma 50.000. Ongkir nya : 20.000 per item (ini contoh hitung secara rata-rata global belanjaan ya). Maka anda tarik dari buyer anda sebesar 70.000. Sisa nya bila sudah sampai.

Faham sampi disini? Tarik duit dari buyer anda sebesar harga barang dan ongkir ke indonesia. Sisa nya itu profit anda.

7. Kirim barang nya ke Indonesia

Barang sampai Indonesia, tinggal bagi bagi sesuai permintaan buyer tadi. Tinggal pecah2 ke alamat mereka. Ingat!!! Suruh pembeli anda lunasi dulu pembayaran nya. Begitu lunas, baru dikirim.

Oh ya satu lagi, jika anda dapat order 500pcs, maka anda order 520. Jaga2 kalau ada yg rusak atau pecah (barangkali ada). Jadi jika ada yg rusak tinggal anda ganti.

Wah rugi dong saya om. NGGAK LAH!! sampean sdh dapat 100% lebih gitu kok. Kepotong dikit ya ga apa2. Buatlah buyer anda senang dan nyaman berurusan bisnis dgn anda. Layanan Prima.

8. Cari barang yg profit nya 100% itu mudah. 

Beneran mudah. Pasti anda bingung, ahhhh om bohong! harga di Aliexpress lebih mahal dari pada Tokopedia. Woy! Om. Aliexpress itu eceran dan sdh di naikkan hampir 300% dari harga pabrik.

Saya sdh lakukan perbandingan puluhan kali. AE Itu buat pasar bule, dropship negara bule. Yg harga seporsi makanan di negara nya Rp200.000. Jelas beda dong. Bukan harga grosir, bukan harga pabrik.

Kalau ambil di pabrik jelas jauh lebih murah. Gimana? Sudah ada pencerahan? Mudah atau Gampang?

Cara ini sdh saya pakai banyak kali dan works. Baik sekala kecil ataupun besar. Selalu ada jalan bagi yg mau berusaha. Jangan putus asa dulu. Selalu berusaha, carilah komunitas atau teman2 yg punya minat sama dengan anda.

Status ini boleh di share, barangkali bermanfaat untuk teman dan keluarga anda. Slot pertemanan ada sedikit ini, silahkan add bagi yg belum berteman. Kemarin saya hapusi yg ga pernah aktif atau interaksi dgn saya.

Akun facebook beliau: Samian Pacing

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search