9 Jurus Menghadapi Persaingan Bisnis Online di 2018

persaingan bisnis online di 2018

Siap menghadapi kompetisi bisnis Anda di 2018?

Seru ya kalau di akhir tahun ini kita berhenti sejenak, merenung, dan mempersiapkan masa depan bisnis kita.

Satu hal yang diperlukan melangkah adalah lakukan riset. ya riset.

Riset seperti apa yang diperlukan? Akan coba saya jabarkan dalam beberapa poin.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis dari Media Sosial

1. Tentukan your calling dan your jenius

Tentukan kekuatan dan potensi apa yang kamu miliki. jadikan itu sebagai modal dasar. Jika sudah menjalankan bisnis, berhentilah sejenak, dan berkacalah. what i'm good at?

2. Kompetitor

Lihat fakta selama 2017. Dimana posisi kamu? dimana kompetitor kamu? Jika saat ini suka menggunakan SEO, coba cek lagi bagaimana posisinya? ada di google.com atau google.co.id. bahasa indonesia atau bahasa inggris?

3. Trend

Lihat dalam niche kamu, produk, jasa, dan layanan apa yang marketnya berkembang? cek dengan trend produk di marketplace lokal, trend di luar (amazon, dll) hal apa yang potensial kamu kembangkan?

4. Grab data

Gunakan tools seperti alexa, similar web, insight dan persona dari bisnis kamu sekarang. Pelajari ada celah apa yang bisa kamu maksimalkan. cek lagi seberapa besar keyword yang selama ini dibidik, apa masih ada keyword yang potensial untuk dioptimasi?

5. Funnel

Pelajari bagaimana strategy funnel mulai dari leads -> prospect -> customer berjalan. Apakah sudah diukur? Apa selama ini hanya fokus pada selling saja? dimana kamu mendapatkan leads? apa lead magnet yang cocok?

Baca juga: WhatsApp Bisnis Resmi Dirilis, Ini Dia Fitur Kerennya!

Bagaimana menjadikannya menjadi prospek? Bagaimana membuat mereka mau membeli produk kamu? Bagaimana memaksimalkan landing page (copy, image, video)

6. Product

Cek ulang produk dan jasa kamu apa masih relevan dengan situasi jaman now? bagaimana membuat produk baru yang unik dengan biaya murah? bagaimana kesan pengguna produk dan layanan kamu?

7. Experience

Buatlah penawaran yang tidak bisa ditolak. Berikan pengalaman yang berbeda dan berkesan bagi produk dan layanan yang kamu buat. berikan kejutan dan sesuatu yang lebih dari yang kamu janjikan!

8. Miliki mentor atau coach

Menjalani bisnis sendiri bukan cara terbaik. teruslah investasi leher keatas. belajarlah dari orang-orang terbaik yang telah melampaui apa yang kamu impikan.

9. Kolaborasi

Carilah siapa yang memiliki konsumen atau pelanggan yang mirip dengan target market kita. Lakukan kolaborasi bareng, saling promo, endorse, dan beri benefit (bisa free sample, diskon, dll).

Cara ini sangat powerful lho!

Semoga 9 poin ini bisa menginspirasi kamu untuk mencapai goal baru di 2018.

Sukses selalu....
#annasahmad

Di share ulang dari tulisan beliau di grup telegram. Bagi yang berminat diskusi bisa menghubungi akun telegram beliau @Annasahmad serta meninggalkan komentar di blog ini. Selamat berkompetisi di tahun depan!

Post a Comment

0 Comments