Thursday, December 14, 2017

Mempelajari Istilah dalam Dunia Search Engine Optimization (SEO)

) no-repeat center center;background-size:cover'>

Mempelajari Istilah dalam Dunia Search Engine Optimization (SEO)

Dalam dunia marketing melalaui internet, terminologi SEO sudah sangat sering digunakan. Sederhananya, SEO merupakan teknik yang dilakukan suatu pihak untuk mengoptimalkan kemunculan website nya di hasil pencarian search engine.

Sebagai market leader mesin pencari, Google mendefinisikan SEO sebagai cara bagi seorang webmaster untuk mempromosikan konten online mereka di hasil penelusuran Google. Baru-baru ini, Google baru saja mengeluarkan SEO Starter Guide yang di-publish melalui link ini:

Sumber lama resmi: SEO Starter Guide

Jika Anda malas membaca secara keseluruhan poin-poin penting apa saja terkait cara kerja SEO yang dirangkum melalui tautan di atas, Anda bisa membaca ikhtisar panduan SEO terbaru yang merangkum update dari SEO Starter Guide.

Pada tulisan ini sendiri, penulis akan memberkan beberapa rangkuman istilah yang umum digunakan dalam dunia SEO terutama yang ada pada SEO Starter Guide yang baru dirilis 12 Desember 2017. Berikut istilah SEO yang patut Anda ketahui sebagai seorang webmaster:

Index

Google menyimpan semua halaman yang diketahuinya di indeks Google. Entri indeks untuk setiap halaman mendeskripsikan konten dan lokasi (URL) halaman tersebut. Untuk diindeks adalah saat Google mengambil sebuah halaman, membacanya, dan menambahkannya.

Crawl

Proses pencarian halaman baru atau yang diupdate. Google menemukan URL dengan mengikuti link, membaca peta situs, dan melalui beberapa cara lainnya. Google meng-crawl web, mencari halaman baru, lalu mengindeksnya (jika sesuai).

Crawler

Software otomatis yang meng-crawl (mengambil) halaman dari web dan mengindeksnya.

Googlebot

Nama umum crawler Google. Googlebot meng-crawl web secara terus-menerus.

SEO

Pengoptimalan mesin telusur: proses untuk membuat situs Anda menjadi lebih baik bagi mesin telusur. Selain itu, SEO juga merupakan jabatan yang diemban oleh orang yang bekerja dalam bidang ini: Kami baru saja mempekerjakan SEO baru untuk meningkatkan kemuculan situs kami di web.

Untuk lebih memahami penggunaan istilah-istilah di atas, ada baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan tools wajid bagi semua praktisi SEO yaitu Google Webmaster atau yang sekarang lebih populer dengan sebutan Google Search Console.

Menuju halaman: Google Search Console

Setelah ini, mudah-mudahan admin M-Edukasi akan lebih rutin membahas topik mengenai SEO, content marketing dan yang lainnya. Stay tuned ya!

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search