Cara Pindah Hosting Antar cPanel Dengan Backup dan Restore

Cara Pindah Hosting Antar cPanel Dengan Backup dan Restore


Cara pindah hosting antar cPanel akan memberikan panduan yang anda butuhkan tentang bagaimana melakukan semuanya dengan mudah. Anda juga pastinya tau bahwa ada banyak pilihan control panel yang bisa anda gunakan dalam layanan domain hosting. Beberapa cPanel tersebut antara lain adalah Plesk, Vdeck, sPanel, DirectAdmin, dan lain sebagainya. Salah satu yang paling terkenal itu sendiri tentu bernama cPanel atau yang merupakan kepanjangan dari Control Panel itu sendiri. Disinilah anda akan mampu mendapatkan semua yang anda butuhkan dengan mudah didalamnya. Dari sini anda akan mampu mendapatkan semua manfaat yang ada di dalamnya.

Control Panel tersebut akan membantu anda untuk mengkonfigurasi hosting dengan mudah dan cepat. Disini cPanel memang disediakan dari layanan hosting domain yang ada di dalamnya. Tugas anda adalah mengetahui dan memahami bagaimana penerapan dari cara memindahkan hosting itu sendiri supaya mampu memberikan manfaat yang ada didalamnya dengan mudah.

Kenapa Anda Harus Menggunakan cPanel

Idwebhost

Sebelum melangkah lebih jauh tentang cara pindah hosting antar cPanel, anda harus mengetahui bagaimana cara menggunakan cPanel itu sendiri. Disini anda pasti bertanya kenapa anda harus menggunakan layanan yang satu ini? Pada dasarnya cPanel akan memudahkan anda untuk mengakses database yang ada di web anda. Terlepas dari pilihan hosting terbaik apapun yang anda gunakan. Di sini yang bisa anda pilih antara lain adalah VPS, Shared, dan juga Dedicated hosting. Dengan adanya kemudahan dalam melakukan konfigurasi tersebut, maka akan banyak manfaat yang bisa anda dapatkan didalamnya. Tentu untuk anda yang baru saja menjelajah dunia hosting domain tersebut, anda akan melihat bahwa tampilan dari cPanel itu sendiri cukup membingungkan. Jadi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan didalamnya.

Cara Pindah Hosting Antar cPanel Yang Cepat Dan Mudah

Cara pindah hosting antar cPanel yang cepat dan mudah akan bisa anda terapkaan sekarang juga. Cara migrasi pun juga bisa anda aplikasikan dengan apapun yang anda butuhkan. Lalu bagaimana jika dalam hosting lama yang anda gunakan tidak memakai cPanel? Tentu hal ini penanganannya akan rumit. Tapi anda tak perlu khawatir karena disini anda akan bisa mendapatkan pengetahuan tentang cara pindah dari cPanel yang lama ke cPanel yang baru. Tentu saja secara keseluruhan semua langkah yang harus anda lakukan tersebut sama dengan cara migrasi yang utama pada umumnya.

Bagian Pertama: Pastikan Sudah Backup Dan Restore

Cara pindah hosting antar cPanel yang tak boleh anda lupakan adalah bahwa anda sudah harus melakukan backup dan juga restore sebelumnya. Dengan melakukan cara yang satu ini maka anda akan mampu menjaga keamanan database cPanel yang anda miliki sebelumnya. Tentu saja ini akan mampu memberikan penerapa yang lebih baik dari yang anda dapatkan didalamnya. Hal tersebut akan memudahkan anda memperoleh lebih banyak manfaat lagi yang lebih banyak. Disini anda bisa masuk ke bagian Backup Wizard terlebih dahulu. Kemudian apa saja yang harus anda backup ada beberapa pilihan misalnya Home Directory, MySQL Database, dan juga beberapa fitur penting seperti Email Forwarders dan juga Email.

Idwebhost

Cara pindah hosting antar cPanel yang selanjutnya adalah dengan menyimpan masing-masing download backup yang sudah anda buat tersebut. anda harus membackup semuanya dalam satu paket kemudian melakukan download secara signifikan. Hal ini pastinya akan mampu memberikan kepada anda semua manfaat yang anda butuhkan tersebut didalamnya. Tentu saja ini akan bisa memberikan anda lebih banyak manfaat yang lebih besar dan nyata lagi.

Bagian Kedua: Lakukan Restore Data Dari cPanel Lama Ke cPanel Baru

Bagian kedua dalam cara pindah hosting antar cPanel tersebut adalah anda sebaiknya melakukan restore data dari yang lama ke data yang baru. Disini anda bisa menggunakan layanan hosting yang tersedia pada cPanel yang anda pergunakan didalamnya. Setelah anda menyimpan file data backup yang ada di komputer anda yang isinya file backup database cPanel yang lama, kemudian anda harus buka kembali cPanel baru anda. Caranya adalah dengan login masukan username dan password yang anda inginkan tersebut. Kemudian setelah anda masuk di halaman login cPanel tersebut, maka anda bisa segera melakukan restore yang ada didalamnya.

Disini anda harus melakukan restore terhadap file database yang ada pada file backup yang telah anda simpan tersebut. Kemudian yang harus anda lakukan hanyalah dengan melakukan generate terhadap file backup itu sendiri. Disini beberapa file yang perlu anda unggah atau restore tentu saja file penting seperti Home Directory, kemudian file MySQL, dan jugaa file email forwarders yang dibutuhkan. Apabila semua proses sudah berhasil, maka anda bisa mencoba mengetes pada cPanel baru yang ada didalamnya. Hal ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan semua yang anda butuhkan didalamnya. Cobalah untuk mengetes juga domain anda apakah sudah selesai dan ready untuk dipakai atau tidak.

Bagian Ketiga: Anda Juga Bisa Melakukan Full Backup dan Full Restore

Satu hal yang pasti dalam cara pindah hosting antar cPanel tersebut adalah anda bisa melakukan full backup dan juga full restore untuk memastikan bahwa semua file yang anda backup tersebut dan restore tersebut sudah terambil semuanya dan bisa diterapkan di cPanel yang baru. Disini anda bisa menemukan menu yang bernama file backup à backup à Full backup. Dengan adanya cara tersebut, sudah pasti anda akan mampu mendapatkan manfaat yang lebih besar dan juga maksimal yang anda butuhkan didalamnya.

Baca Juga: Tutorial Migrasi Blogspot Ke WordPress Yang Benar

Setelah anda membackup semua file tersebut secara full, maka yang harus anda lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan restore secara full juga. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan WHM atau Web Host Manager. Disini anda bisa melakukannya dengan bantuan dari technical support atau staff hosting domain yang anda gunakan. Di sini anda bisa menghubungi mereka supaya nantinya mentransfer hosting cPanel tersebut dari yang lama ke yang baru untuk cara pindah hosting antar cPanel yang lebih cepat dan signifikan.

Penutup

Cara pindah hosting antar cPanel bukan lagi hal yang susah untuk dilakukan. Sementara anda mampu melakukannya dengan baik, sudah pasti akan lebih banyak hal yang bisa anda peroleh didalamnya. Tentu saja untuk bisa melakukan itu dengan mudah ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, yakni mendownload softcopy atau backup-an dari database anda di cPanel yang sebelumnya. Kemudian, untuk tahapan yang berikutnya adalah dengan me-restore database yang ada di cPanel yang baru. Sudah pasti dengan cara ini maka anda akan mampu lebih mudah dalam menerapkan cara pindah hosting antar cPanel itu sendiri. Inilah yang akan bisa anda dapatkan dalam penerapan cara pindah cPael tersebut. Tentu saja caranya sangat mudah, bukan?

Post a Comment

0 Comments