Mengenal Fungsi Pendidikan Luar Sekolah (PLS)

Mengenal Fungsi Pendidikan Luar Sekolah (PLS)

Daftar isi: [Tampil]
Banyak sekali yang kita temui di lingkungan sekitar kita tentang pendidikan si buah hati. Khususnya pendidikan di dalam sekolah. Tak banyak juga dari orang tua yang menginginkan atau haus akan pendidikan sehingga banyak yang memilih pendidikan di luar sekolah. Misalnya salah satunya yaitu les privat berbagai jenjang SMA hingga kuliah. Akan tetapi dengan pendidikan yang terdapat di luar sekolah, bisakah kita memilah-milah dan mengerti tentang banyak atau tidaknya fungsi yang di miliki oleh lembaga tersebut?

Gambar pendidikan luar sekolah
Gambar pendidikan luar sekolah

Melalui artikel ini saya akan membahas tentang Pengertian Pendidikan Luar Sekolah dan Fungsinya. Di sini akan kita akan membahas apa itu fungsi dan pengertian tersebut.

Pengertian PLS 

PLS banyak sekali fungsi dan tujuan. Misalnya berguna sebagai penunjang hidup bagi seseorang dalam menggeluti bidang yang dimiliknya. Guna bertahan hidup dengan dunia yang saat ini semakin mendigital. Pendidikan luar sekolah juga sebagai ajang komplemen, suplemen, dan substitusi.  juga sebagai penunjang peserta didik dalam meningkatkan prestasi yang belum di ajarkan atau belum di berikan secara maksimal oleh pihak sekolah

Fungsi PLS

pendidikan di luar sekolah memiliki banyak fungsi dan tujuan untuk meningkatkan prestasi siswa. misalnya seperti yang akan saya jelaskan sebagai berikut:

1. Fungsi PLS Sebagai Substitusi Pendidikan Sekolah

Substitusi sama dengan memiliki arti sebagai pengganti. Dengan begitu sama halnya PLS adalah pengganti pendidikan yang berada di luar sekolah. Materi yang di berikan oleh lembaga juga sama seperti halnya yang berada di sekolah. Akan tetapi yang membedakan pendidikan di dalam sekolah dengan di luar sekolah ialah, paket pengajaran yang di berikan PlS kepada peserta didik.

Misalnya paket A untuk anak usia 5-12 tahun, setara pelajarannya anak SD. Paket B untuk anak usia 12-17 tahun, setara untuk anak yang berpendidikan di SLTP. Paket C untuk anak usia 15-20 tahun, setara dengan yang SLTA.

2. Fungsi PLS Sebagai Komplemen Sekolah

Komplemen juga sama memiliki arti dengan kata melengkapi. Dengan begitu salah satunya fungsi dari PLS adalah melengkapi kurangnya pendidikan di dalam sekolah yang memiliki beberapa kendala. Sehingga tidak dapat untuk di sampaikan. Maka hal itu pendidikan di luar sekolah sangat di butuhkan untuk menunjang para peserta didik dalam hal bidang yang dimiliki.

Baca juga: Metode Montessori untuk pendidikan Anak

Materi yang dari pihak sekolah yang belum di sampaikan sehingga harus melibatkan pendidikan yang berada di luar sekolah. Itu mungkin di karenakan beberapa faktor, sehingga dari pihak sekolah tidak dapat menyampaikan dengan semaksimal mungkin mata pelajaran yang diajarkan.

3. Fungsi PLS Sebagai Suplemen Pendidikan

Suplemen pendidikan sama halnya dengan materi tambahan. PLS juga memiliki fungsi sebagai ajang dalam memberikan materi tambahan kepada peserta didik yang masih belum memiliki ketuntasan dalam pemahaman materi pembelajaran.

Sasaran peserta didik PLS dalam supplemen pendidikan ialah anak-anak yang masih SD, SLTP dan juga SLTA. Dengan demikian anak-anak tersebut masih sangat membutuhkan pendidikan yang lebih luas guna memiliki tujuan untuk di masa yang akan mendatang.

4. Fungsi PLS Sebagai Jembatan Memasuki Dunia Kerja Pendidikan

PLS juga memiliki fungsi sebagai ajang untuk mempersiapkan diri dalam menuju dunia kerja. Dengan ini PLS membantu para peserta didik dalam mewujudkan keinginan dalam hal pekerjaan. Misalnya, terdapat seseorang yang mendaftarkan diri sebagai pegawai. Sedangkan perusahaan yang akan ia tempati memiliki persyaratan agar bisa menguasai dalam bidang bahsa inggris. Dengan begitu PLS dapat mebantu untuk mewujudkan tujuan tersebut.

5. Fungsi PLS Sebagai Wahana Untuk Bertahan Hidup

Ini adalah salah satu fungsi PLS yang sangat bermutu. Yaitu sebagai wahana mempertahankan hidup. Di sini juga memiliki arti sebagai ajang dalam menguasai pembelajaran hidup.

Itulah diantara beberapa fungsi dari dari pendidikan luar sekolah. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda para orangtua untuk mendidik anak. Dan dapat menciptakan generasi yang maju dan bermutu.

Post a Comment

0 Comments