5 Manfaat Buah Pala yang Jarang Diketahui

5 Manfaat Buah Pala yang Jarang Diketahui

Untuk Anda yang sering bergelut di belakang dapur pasti sudah tahu bahwa buah pala telah lama dikenal sebagai rempah-rempah bumbu pelengkap masak. Namun siapa sangka ternyata buah tersebut juga memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Pala merupakan buah yang tergolong langka dan tidak bisa ditemui di sembarang daerah.


Hanya dengan mengunjungi wilayah tertentu saja, maka Anda baru bisa mendapatkan buah tersebut. Pala ini merupakan salah satu buah yang berasal dari daerah Maluku dan untuk penyebarannya tidak sembarang daerah bisa menanam tumbuhan pala. Lalu sebenarnya apa saja sih manfaat dari buah pala ini? Yuk simak informasi selengkapnya.

Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan


Menghilangkan Masuk Angin

Dengan mengkonsumsi buah pala ini maka akan membantu menghilangkan penyakit masuk angin. Untuk menghilangkan penyakit ini bisa dilakukan dengan cara meminum rebusan buah pala. Buah ini mampu memberikan manfaat bagi tubuh seperti layaknya jahe untuk tubuh. Yaitu membantu menghangatkan badan serta perut kembung akibat masuk angin.

Menghilangkan Insomnia

Banyak orang mengalami penyakit susah tidur akibat aktifitas yang terlalu padat. Ingin beristirahat karena lelah namun justru mata tidak bisa terlelap. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi rebusan pala. Senyawa kimia yang terkandung dalam buah ini sudah diyakini bisa membantu menyembuhkan orang yang terkena penyakit insomnia maupun kualitas tidur yang tidak baik.

Dengan minum rebusan pala ini membantu mencegah penyakit yang bisa ditimbulkan akibat terlalu sering bergadang yang membuat insomnia. Insomnia sebenarnya bukan hanya dialami oleh orang yang susah tidur, namun juga bisa juga karena memiliki kualitas tidur yang tidak baik.

Menambah Nafsu Makan

Mengkonsumsi rebusan pala ternyata juga bisa membantu menambah nafsu makan seseorang. Rebusan ini cocok untuk anak kecil yang biasanya susah sekali diajak untuk makan. Enzim lipase yang terkandung dalam buah ini akan membantu menambah atau meningkatkan nafsu makan seseorang.

Mengobati Gangguan Otak

Pada zaman dahulu, buah pala juga dimanfaatkan untuk pengobatan gangguan otak. Hal ini sudah dikenal sejak peradaban yunani kuno hingga peradaban romawi. Pala dapat membantu rangsangan otak secara efektif, sehingga menghilangkan efek otak akibat kelelahan akibat terlalu stres. Buah ini juga sangat efektif untuk membantu menghilangkan rasa depresi ataupun rasa kecemasan yang berlebih.

Jika Anda ingin memiliki otak yang lebih fokus dan konsentrasi, Anda juga bisa memulai minum rebusan buah ini. Dengan mengkonsumsi rebusan pala maka otak akan semakin jernih untuk berfikir dan terhindar dari stres.

Melancarkan Pencernaan

Jika Anda memiliki masalah pada pencernaan seperti penyakit diare, konstipasi, kembung, dan penyakit lainnya. Anda bisa mulai menyembuhkan dengan meminum rebusan pala. Jika hasilnya ingin lebih efektif, Anda juga bisa menggunakan minyak pala dan mengoleskan pada perut. Dengan olesan minyak pala ini akan membantu gas keluar dari pencernaan.

Dengan memanfaatkan buah ini juga dapat membantu meningkatkan selera makan. Cocok sekali untuk anak kecil yang tidak mau makan nasi ataupun makan sayur. Sangat bermanfaat bukan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai beberapa manfaat buah pala. Selain manfaat yang telah dijelaskan di atas, sebenarnya masih ada manfaat lainnya diantaranya yaitu mengobati napas yang tidak lancar, membersihkan racun yang bersarang di hati dan ginjal, merawat kulit, memperbaiki kualitas tidur, menghilangkan nyeri, meredakan asam lambung, menghilangkan suara parau, menghilangkan bau mulut dan menghilangkan racun detok.

Post a Comment

0 Comments