4 Oleh-oleh Khas Semarang Terkenal yang Wajib Anda Bawa Pulang

4 Oleh-oleh Khas Semarang Terkenal yang Wajib Anda Bawa Pulang

Semarang merupakan salah satu kota terkenal di Jawa Tengah. Selain karena memiliki tempat wisata menarik, lokasi masjid agung Jawa Tengah, kota Semarang juga memiliki wisata kuliner yang sayang jika dilewatkan. Terlebih jika Anda mengunjunginya, Anda wajib membawa oleh-oleh dari Semarang untuk orang tersayang.


Lalu apa saja rekomendasi oleh-oleh khas Semarang terbaik yang wajib dibeli dan dibawa pulang? Berikut ini akan kita bahas apa saja oleh-oleh dari kota Semarang terkenal, lezat, dan yang bisa Anda coba.

Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Anda Coba

Bandeng Presto

Bandeng presto menjadi salah satu oleh-oleh khas kota Semarang yang cukup terkenal. Terlebih kota semarang menjadi salah satu kota dengan penghasilan Bandeng terbesar di Indonesia. Pada tahun 1977, seorang wanita dari Semarang berhasil mengubah ikan bandeng menjadi makanan enak dan mudah dimakan. Bandeng yang sudah dibersihkan ini dimasak menggunakan daun pisang.

Cara memasaknya pun menggunakan presto sehingga seluruh tubuh ikan bandeng akan melunak dari tulang hingga durinya. Kuliner ini memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat. Tidak heran jika bandeng presto memiliki banyak penggemar dan sering disajikan sebagai makanan oleh-oleh khas dari kota Semarang.

Lumpia

Lumpia memang sudah lama menjadi makanan khas kota Semarang. Lumpia ini bahkan sudah terkenal di kancah makanan Asia dan memiliki perkembangan di kota Semarang. Lumpia ini memiliki bentuk mirip seperti rollade namun dengan isian campuran makanan seperti udang, telur, ayam, maupun rebung. Isian tersebut dicacah halus dan dimasak dengan kematangan sempurna.

Untuk menikmati lumpia, biasanya banyak orang menambahnya dengan bawang merah dan juga saos. Sehingga menambah cita rasa dari lumpia ini. Makanan ini biasanya tersaji dalam bentuk vacuum sehingga akan awet jika dijadikan sebagai oleh-oleh dari kota Semarang.

Wingko Babat

Mendengar kata wingko babat sepertinya tidak asing bukan? Yah, hal ini karena wingko babat merupakan salah satu oleh-oleh khas Semarang yang sangat terkenal. Wingko babat ini memiliki bahan dasar kelapa dan juga tepung beras ketan yang telah dihaluskan. Cara memasak wingko babat ini yaitu dengan dibakar hingga warnanya berubah menjadi coklat agak kehitaman lalu dibungkus menggunakan kertas.

Tidak hanya rasa kelapa, jika Anda mencicipi oleh-oleh khas kota Semarang ini maka Anda akan menemukan berbagai varian rasa dari wingko babat. Diantaranya yaitu rasa cokelat, nanas, nangka, hingga rasa durian. Wingko ini memiliki rasa yang legit dan memanjakan lidah bagi setiap orang yang memakannya. Anda bisa menemukan makanan ini di tempat-tempat umum seperti stasiun maupun pusat oleh-oleh.

Roti Ganjel Rel

Mendengar namanya saja mungkin akan terdengar aneh bukan? Ya roti ganjel memang memiliki rasa yang unik dan istimewa. Roti ini memiliki bahan dasar tepung tapioka, santan, air nira, gula, serta kayu manis. Untuk pemanis roti ini biasanya menggunakan wijen yang mengelilingi roti. Roti ganjel rel memiliki tekstur agak keras dan sehingga orang-orang menyebutnya roti bantalan rel.

Menurut dokter kesehatan, dari tekstur roti yang keras ini malah baik untuk kesehatan. Menarik bukan? Roti ganjel rel biasanya ada untuk acara karnaval atau pawai sebelum puasa. Untuk mendapat roti ini sebenarnya cukup sulit jika mencari di hari biasa. Namun, Anda bisa mencari dan mendapat oleh-oleh khas Semarang roti ini dari beberapa pusat toko oleh-oleh di Semarang.

Post a Comment

0 Comments