5 Warisan Budaya Indonesia yang Merambah Tingkat Internasional

5 Warisan Budaya Indonesia yang Merambah Tingkat Internasional

Daftar isi: [Tampil]
Indonesia sudah sangat terkenal dengan budayanya yang menarik. Bahkan budaya Indonesia sudah sampai tingkat internasional. Banyak sekali wisatawan asing yang datang ke Indonesia hanya untuk melihat budayanya. Setiap suku di Indonesia memiliki keunikan budaya tersendiri. Sehingga Indonesia memiliki ragam budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda.


Ilustrasi wayang kekayaan budaya Indonesia
Ilustrasi wayang kekayaan budaya Indonesia

Selain untuk berwisata, tidak sedikit wisatawan datang ke Indonesia hanya untuk melakukan studi penelitian. Sebagai warga Indonesia, kita wajib tau apa saja warisan budaya kita yang sudah menyebar hingga manca negara ini. Untuk informasi lebih lengkap mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia

Wayang Kulit

Wayang kulit pada awalnya dibudayakan oleh orang Jawa Timur hingga Jawa Tengah dengan tujuan untuk berdakwah dan juga untuk menghibur para warga. Seiring berjalannya waktu, ternyata wayang kulit ini semakin terkenal hingga manca negara. Wayang kulit bahkan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada tanggal 7 November 2003. 

Batik

Jika ditelisik, batik sudah ada sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia. Sehingga tidak heran jika batik sudah tidak asing di mata dunia. Karena sangat terkenal, kini batik sudah dikombinasikan dengan model sekarang yang sudah modern. Hasilnya perpaduan antara seni tradisional dan modernisasi menjadi satu kesatuan. 

Batik juga telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia dan ditetapkan sebagai salah satu budaya Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009. Hingga sekarang tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari batik nasional.

Tari Saman

Tari saman sebenarnya sudah ada sejak 700 tahun yang lalu. Tari saman pertama kali diselenggarakan bertujuan untuk menyebarkan agama islam melalui pesan moral. Pesan moral tersebut dapat diambil dari gerak gerik tariannya yaitu gerakan yang cepat, kompak, perkasa, cepat, dan juga agresif. UNESCO juga telah mengakui budaya Indonesia ini pada tahun 2011.

Menurut UNESCO, warisan budaya ini wajib dilestarikan keseniannya. Hal ini karena tarian saman terlihat unik dan tidak membosankan ketika dilihat. Warisan budaya di Indonesia ini memang patut untuk dilestarikan.

Angklung

Angklung juga menjadi salah satu alat musik favorit bagi wisatawan. Angklung menjadi salah satu alat musik kesenian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Cara memainkan alat musik ini terbilang cukup unik yaitu dengan cara digoyangkan. Angklung juga telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO pada tanggal 19 Januari 2011 dan menjadi bagian dari world heritage.

Banyak sekali wisatawan asing yang gemar dengan alat musik ini, diantaranya wisatawan dari Korea, Jepang, dan Malaysia. Mereka bahkan rela berlama-lama di Indonesia demi menikmati kesenian alat musik tradisional ini.

Keris

Keris merupakan salah satu senjata tradisional yang dipercaya memiliki kekuatan magis. Keris menjadi salah satu senjata yang berasal dari warisan leluhur. Keris ini dulunya digunakan oleh para anggota kerajaan untuk melakukan perang. Keris telah ada sejak abad ke 9 dan dibuat menggunakan bahan logam yang berkualitas tinggi. Menurut penelitian, keris kuno ini mengandung unsur logam titanium.

Padahal di zaman modern, unsur logam titanium baru bisa diambil manfaatnya pada abad ke 20. Yaitu dimanfaatkan sebagai pelapis kendaraan luar angkasa. Namun di zaman tersebut sudah digunakan sebagai bahan pembuat keris.

Demikian beberapa warisan budaya Indonesia yang patut kita hargai dan wajib kita pertahankan. Sebagai warga Indonesia yang baik, kita harus menjaga warisan budaya tersebut dengan mempelajarinya.

Post a Comment

0 Comments