Inilah 3 Lampu Indikator Mobil yang Harus Diketahui

Inilah 3 Lampu Indikator Mobil yang Harus Diketahui

Lampu indikator mobil menjadi salah satu bagian yang sangat penting keberadaannya. Dalam mengemudi, hal ini cukup membantu kelancaran perjalanan. Bisa mengenali lampu yang baik secara sempurna adalah suatu keharusan agar tidak keliru terhadap beberapa indikator yang sudah tersedia. Selain itu, dengan mengetahui kondisinya, maka usaha untuk memastikan tetap awet dan berfungsi sebagaimana semestinya.


Adapun lampu indikator pada mobil ini terdapat beberapa jenis sehingga perlu diketahui satu persatu. Untuk bisa mengenal lampu ini, memang tidak perlu repot mengecek per bagiannya. Cukup dengan mengenali di setiap lampu indikator yang sudah terpasang. Adapun beberapa lampu indikator pada mobil yang dimaksud akan dijelaskan di bawah ini.

Lampu Indikator Mobil yang Penting Untuk Diketahui 


Indikator Check Engine

Adapun lampu indikator yang pertama adalah Malfunction Indicator Lamp (MIL). Bisa dikatakan bahwa lampu ini menjadi salah satu bagian yang sangat krusial untuk diketahui.  Selain disebut dengan Malfunction Indicator Lamp (MIL), lampu ini juga sering disebut dengan lampu check engine.

Pada kondisi yang normal, ketika  memasukkan kunci ke dalam lubang, kemudian memutar kunci pada posisi on, maka secara otomatis lampu indikator ini akan menyala. Tidak sampai di situ, setelah melakukan starter pada mesin, maka lampu indikator mobil akan mati. 

Apabila mesin sudah menyala, tetapi lampu indikator check engine juga tetap menyala, hal tersebut menandakan adanya masalah pada bagian mesin mobil sehingga harus segera dilakukan pengecekan.
Tanda “SRS”

Berikutnya, lampu indikator yang perlu diketahui adalah lampu yang kurang lebih memperlihatkan gambar orang duduk dan memangku bulatan. Hal tersebut  menandakan bahwa mobil  sudah dilengkapi dengan airbag. Adapun fungsi dari airbag itu sendiri ialah untuk melindungi penumpang mobil saat terjadi tabrakan.

Tidak jauh berbeda dengan safety belt, indikator ini pun teramat  penting untuk diperhatikan demi keamanan ketika mengemudi. Apabila menyala, ini berarti terjadi malfungsi terhadap sistem airbag mobil tersebut. Segera lakukan pengecekan terhadap lampu indikator dan segera pastikan bahwa ia bisa menyala kembali. 

Indikator Suhu Mobil

Untuk lampu indikator mobil yang satu ini memang seringkali pengemudi tidak begitu memperhatikannya. Apabila indikator suhu maupun temperatur mesin pada dashboard mobil secara tiba-tiba saja mengeluarkan asap sebagai akibat dari overheat yang terjadi, maka sangatlah penting untuk memperhatikan indikator suhu pada mesin ini setiap saat. 

Jika indikator suhu menunjukkan warna oranye maupun kuning, hal tersebut  berarti temperatur mesin masih dalam keadaan sedang. Sedangkan jika indikator-nya menunjukkan warna merah, pengemudi sebaiknya langsung waspada dan mematikan mobil dan  kemudian menepi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Lampu Indikator Oli

Berikutnya adalah lampu indikator mobil yang perlu diperhatikan adalah lampu indikator oli yang mana ini sangat penting juga untuk diketahui. Jika lampu sudah menunjukkan warna merah, maka sudah saatnya melakukan penggantian terhadap oli. Jika tidak, bisa dikhawatirkan akan merusak sistem yang ada pada mobil.

Post a Comment

0 Comments