Inilah 5 Fakta Unik Tentang Pulau Komodo

Inilah 5 Fakta Unik Tentang Pulau Komodo

Pulau Komodo sendiri berada di Gugusan Kepulauan Nusa Tenggara dan sudah menjadi salah satu pulau kebanggaan di Indonesia. Pulau ini juga sudah mendapatkan banyak predikat setelah ditemukan mulai tahun 1910.

Saat ini pulau tersebut sudah menjadi tujuan wisata dari berbagai wisatawan. Baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri. Selain itu Pulau Komodo juga memiliki cukup banyak fakta menari dan unik yang dapat disimak.

Fakta unik tentang pulau komodo

5 Fakta Menarik dan Unik Tentang Pulau Komodo


Menjadi Habitat Hewan Purba

Dari dulu sampai sekarang, Pulau Komodo sendiri telah menjadi habitat untuk hewan purba yang sudah ada dari ratusan tahun yang lalu. Selain itu menurut penelitian Universitas Melbourne, tahun 2009 yang lalu Komodo termasuk spesies yang hidupnya di Australia. Tapi mereka berimigrasi dari Australia dan menuju Kepulauan Sunda Kecil. Kemudian Komodo ini bertahan di Nusa Tenggara Timur sampai saat ini.

Menjadi Tujuan Wisata dan Penelitian

Pulau Komodo sendiri tidak hanya menjadi tempat wisata alam saja. Tapi juga menjadi lokasi dan objek penelitian oleh para ilmuwan dari banyak negara. Mereka juga melakukan penelitian pada Komodo, Flora dan Fauna yang ada di Pulau tersebut. 

Selain itu para ilmuwan sendiri sangat tertarik untuk meneliti perkembangan evolusi. Terutama dari Komodo yang sudah lama dipercaya menjadi hewan purba yang hanya ada di negara Indonesia.
Menjadi Situs Warisan Dunia

Tahun 1991 pihak UNESCO telah menetapkan Taman Nasional Komodo menjadi situs warisan dunia. Penetapan tersebut dilakukan karena Pulau Komodo termasuk kategori situs alam yang memiliki estetika dan fenomena yang langka.

Tidak hanya itu saja, pada tahun 1977 Pulau Komodo juga sudah dijadikan sebagai Cagar Manusia dan Biosfer. Pulau Komodo juga menjadi kebanggaan Indonesia karena telah terpilih menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia tahun 2011. Penentuan yang dilakukan sudah berdasarkan hasil pemungutan suara yang diikuti masyarakat seluruh dunia. Pulau Komodo juga mendapatkan suara paling banyak.

Masuk 10 Besar Destinasi Terbaik Dunia

Majalah terkemuka dari National Geographic pada edisi Juli tahun 2017. Mengangkat judul dalam majalah yang berisi tentang Pulau Komodo dan masuk daftar 10 destinasi terbaik di dunia. Dengan mengangkat headline berupa 100 Best Destination Around the World in Four Seasons. Kemudian pulau tersebut menjadi kebanggaan tersendiri untuk Indonesia.

Mudah Bertemu Hewan Komodo

Jika Anda mengunjungi tempat ini, maka akan bertemu dengan beberapa ekor Komodo yang ada dengan mudah. Selain itu hewan-hewan tersebut tidak berjalan secara berkelompok, jadi akan sering terlihat di sekitar pantai atau pinggir jalan. Jadi saat mengunjungi Pulau Komodo tersebut, maka Anda disarankan untuk berhati-hati. Jangan sampai berjalan sendiri dan minta seseorang pemandu untuk menemani.

Post a Comment

0 Comments