Mengenal Sejarah Ondel Ondel Simbol Ibu Kota Jakarta

Mengenal Sejarah Ondel Ondel Simbol Ibu Kota Jakarta

Daftar isi: [Tampil]
Ondel Ondel termasuk salah satu budaya khas dari Betawi dan sudah lama menjadi simbol dari Ibu Kota DKI Jakarta. Bone tersebut memiliki tinggi 2 meter dan sering terlihat di berbagai perayaan.

Mulai dari hajatan, acara pernikahan, sunatan sampai acara pembukaan atau peresmian. Ondel-ondel sendiri katanya sudah ada sejak abad 16 dan salah satu actor Indonesia bernama almarhum Benyamin memiliki peran besar dalam memperkenalkan ondel-ondel tersebut.

Asal-usul Sejarah Ondel Ondel Jakarta


Masuk pada Abad ke 16

Menurut salah satu pengamat ondel-ondel dan pemerhati budaya Betawi yang bernama Ahmad Suaip. Boneka ondel-ondel ini sering tampil berpasangan dan pertama kali disebut dalam sebuah karya ilmiah yang dilakukan oleh peneliti dari Inggris.

Pada abad ke 16, ondel-ondel pertama kali muncul di Batavia. Tapi abad tersebut sebutannya belum ondel-ondel, melainkan boneka raksasa. Dari buku yang ditulis oleh W Scott, boneka tersebut diarak keliling kampung dan bentuknya hamper sama dengan yang sekarang.

Selain itu dahulunya ondel-ondel ini berfungsi untuk penolak bala atau saat seseorang terkena gangguan dari roh halus yang gentayangan. Tapi untuk saat ini sudah digunakan sebagai semarak pesta rakyat.

Nama Ondel-ondel

Pada abad ke 16 ondel-ondel dikenal dengan nama boneka raksasa, sedangkan pada tahun 1990-an boneka tersebut dikenal dengan istilah barongan. Barong yang berarti serem atau menakutkan karena matanya yang terlihat sangar. Warna wajahnya merah dan kumisnya juga melintang. Dulu karena bentuknya yang menakutkan tersebut membuat banyak orang yang takut, termasuk anak-anak.

Kemudian nama tersebut berubah sejak adanya lagu Benyamin. Jadi pertama kali nama ondel-ondel muncul ini di Kemayoran dengan lagu Benyamin yang berjudul ondel-ondel.

Penampilan Ondel Ondel

Setelah namanya yang berubah-ubah, kemudian mantan Gubernur DKI Jakarta dalam periode 1966-1977 bernama Ali Sadikin memiliki kontribusi besar. Terutama dalam perkembangan penampilan ondel-ondel itu sendiri. Ali Sadikin ini mengubah wajah ondel-ondel, jika sebelumnya boneka tersebut bertaring dan menyeramkan. Saat ini wajahnya sudah sangat bersahabat, jadi anak-anak juga tidak akan merasa takut lagi.

Bahan Boneka Ondel-ondel

Ondel-ondel ini termasuk boneka yang besar, dengan ukuran tinggi sampai 2.5 meter dan garis tengahnya kurang lebih 80cm. terbuat dari anyaman bamboo yang sudah disiapkan sedemikian rupa.
Jadi boneka tersebut mudah dipikul dari bagian dalam. Sedangkan wajahnya sendiri berupa topeng dengan rambut yang terbuat dari ijuk. Pada wajah ondel-ondel pria biasanya akan dicat warna merah dan untuk perempuan dengan warna putih.

Tidak hanya itu saja, dalam acara yang terdapat ondel ondel biasanya akan ada iringan music. Tapi biasanya music yang dinyalakan tergantung dari masing-masing rombongan. Mulai dri tanjidor, pencak Betawi atau yang lainnya.

Post a Comment

0 Comments