Resep Soto Mie Bogor Terlezat

Resep Soto Mie Bogor Terlezat

Pernahkah Anda mencicipi salah satu kuliner berkuah ala Bogor yang bernama soto mie Bogor? Jika belum, maka Anda wajib mencoba. Seperti pada umumnya masakan soto yang ada di Indonesia, yaitu makanan berkuah. Yang membedakan soto Bogor dengan yang lainnya yaitu isian soto. Isian soto khas kota Bogor ini memiliki bahan utama mie yang diberi campuran berupa risol bihun.

Soto bogor terlezat
Soto bogor terlezat

Untuk resep soto Bogor ini memiliki beberapa varian rasa. Ada soto Bogor dengan kuah yang cukup bening, ada pula soto Bogor dengan kuah cukup kental dan berwarna kemerah-merahan. Lalu apa saja resep soto Bogor enak tersebut? Untuk menjawabnya, mari langsung kita simak penjelasan di bawah ini.

Resep Soto Mie Bogor Paling Lezat


Ciri Khas Soto Bogor

Tidak seperti jenis soto pada umumnya yang memiliki bahan utama bihun sebagai isinya, soto Bogor ini menggunakan mie kuning basah sebagai isiannya. Ciri lain yaitu adanya bahan tambahan berupa risol isi bihun. Umumnya masakan soto Bogor menggunakan daging sapi, namun terdapat juga varian masakan berupa jeroan sapi seperti babat, iso, maupun kikil sapi.

Resep Asli Bahan Soto Mie Bogor

Bahan utama untuk membuat soto Bogor ini yaitu daging sapi dengan jumlah kurang lebih 300 gram. Anda juga bisa menyiapkan daging sapi beserta kaldunya, agar soto daging sapi lebih terasa. Selain daging sapi, Anda juga harus menyiapkan mie kuning basah sebanyak 100 gram. Jika tidak menemukan mie tersebut ataupun ingin mencoba varian lain, Anda bisa menggantinya dengan mie instan.

Jika mie telah siap, sebaiknya mie direbus terlebih dahulu hingga matang. Bahan selanjutnya yaitu jahe yang telah dimemarkan, siapkan kira-kira 2 cm saja. Tak lupa siapkan batang serai kurang lebih 1 batang saja, geprek lah hingga aroma serai keluar. Selanjutnya siapkan daun salam kurang lebih 2 lembar saja. Siapkan juga lengkuas yang sudah dimemarkan, cukup 3 cm saja.

Jika Anda ingin aroma dari soto Bogor lebih terasa, siapkan kaldu sapi instan sebanyak setengah sendok kecil saja. Siapkan juga gula pasir secukupnya, garam dapur secukupnya, dan minyak sayur secukupnya. Untuk pelengkap isian soto, siapkan kol segar kurang lebih sebanyak 3 hingga 5 lembar saja, cuci bersih dan potonglah sesuai selera.

Tak lupa tomat sebanyak 2 atau 3 buah, cuci bersih kemudian potonglah kecil-kecil. Siapkan juga daun bawang segar kutang lebih 2 atau 3 batang kemudian potong kecil-kecil. Dan yang terakhir siapkan kentang goreng sebanyak 2 butir lalu potong kasar.

Bumbu Asli Soto Bogor Komplit

Siapkan bawang putih ukuran besar sebanyak 4 biji, bawang merah ukuran besar sebanyak 8 biji, kemiri 5 butir, cabai 5 siung, merica setengah sendok teh, dan kunyit sepanjang 1 cm. Siapkan juga bahan pelengkap soto seperti risoles, kecap manis, sambal rawit, bawang goreng, dan kerupuk.

Cara Membuat Soto Bogor

Setelah semua bahan dan bumbu siap, pertama-tama rebus daging sapi terlebih dahulu hingga empuk. Jika sudah, angkat dan ambil kaldu sapi 1 liter saja untuk kuah. Potong kecil-kecil daging tersebut lalu sisihkan. Selanjutnya haluskan semua bumbu resep soto kecuali bahan pelengkap hingga halus. Masukan bumbu ke dalam panci hingga tercium bau harum.

Kemudian tuang kaldu disusul dengan jahe, lengkuas, daun salam, batang serai, gula, garam, dan daun bawang. Aduk hingga matang lalu tuangkan ke mangkuk sajian yang sebelumnya telah diberi mie kuning basah. 

Tambahkan irisan daging sapi yang telah matang, tomat, dan potongan kol. Masukan risoles dan juga bawang goreng. Jika sudah tambahkan kecap, perasan air jeruk, dan juga kerupuk. Soto mie Bogor telah siap dan siap dinikmati.

Post a Comment

0 Comments