Efek Samping Buah Matoa

Efek Samping Buah Matoa

Daftar isi: [Tampil]
Pernah mendengar atau bahkan melihat buah matoa? Bagi sebagian dari Anda mungkin masih cukup asing dengan jenis buah yang satu ini. Padahal jika ditelusuri lebih jauh, tanaman buah matoa menjadi salah satu tanaman asli Indonesia yang mana banyak tumbuh di daerah Papua. Selain memiliki bentuk yang unik, buah matoa ini ternyata memiliki rasa yang cukup berbeda jika dibanding jenis buah lain. 


Namun tahukah Anda bahwa buah matoa ini memiliki banyak sekali manfaat atau efek samping yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah bagi Anda yang masih belum tahu apa saja manfaat yang terkandung di dalam buah matoa. Berikut akan dijabarkan beberapa manfaat atau efek samping dari mengkonsumsi buah matoa.

4 Efek Samping Buah Matoa Yang Tidak Bisa Diabaikan 


Mencegah/Mengatasi Kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat di buah matoa dipercaya dapat menangkal berbagai macam radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Baik radikal bebas yang masuk melalui makanan atau minuman ataupun radikal bebas yang berasal dari udara yang dihirup. Dengan adanya antioksidan tersebut, buah matoa dapat mencegah atau mengatasi beberapa penyakit berbahaya salah satunya kanker.

Dapat Meningkat Sistem Kekebalan Tubuh

Tahukah Anda ternyata mengkonsumsi buah matoa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Efek samping buah matoa yang satu ini tidak lepas dari kandungan antioksidan yang terkandung di dalam buah matoa. Perlu diingat bahwa kandungan antioksidan yang terdapat buah matoa tidak hanya mencegah kanker saja tetapi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. 

Menekan Pertumbuhan Bakteri

Seperti yang diketahui bahwa di dalam buah matoa terkandung senyawa saponin yang mana memiliki sifat antimikroba sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aurous dan juga Escherichia coli. Senyawa tersebut diperkuat dengan adanya senyawa tanin yang dapat menekan pertumbuhan bakteri dengan cara menghambat DNA dan enzim yang mana sangat penting bagi bakteri. 

Mencegah Munculnya Jerawat

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan mudah sekali berjerawat, maka Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah matoa secara rutin. Mengapa demikian? Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa buah matoa memiliki sifat antimikroba sehingga dapat mencegah munculnya jerawat. Sebagaimana diketahui jerawat merupakan salah satu masalah yang disebabkan oleh bakteri pada kulit wajah. 

Demikian ulasan singkat terkait manfaat atau efek samping dari mengkonsumsi buah matoa secara rutin. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu Anda mengatasi berbagai keluhan kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas.

Post a Comment

0 Comments