Kelebihan dan Kekurangan Calya-Sigra

Kelebihan dan Kekurangan Calya-Sigra

Dunia otomotif kembali dihebohkan dengan peluncuran si kembar Daihatsu Calya dan Toyota Sigra. Fenomena ini mampu menggeser popularitas avanza-xenia di jalanan yang pernah menjadi mobil sejuta umat. Mobil idaman bagi warga Indonesia dengan harga terjangkau membuat siapapun terpikat. Walaupun sudah terlanjur jatuh hati kepada si duo kembar tidak ada salahnya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan calya-sigra agar tidak menyesal setelah meminangnya.

Kelemahan vs Kelebihan Calya-Sigra
Kelemahan vs Kelebihan Calya-Sigra

Kelebihan Calya Sigra


Kabin yang lega

Calya-Sigra jika dibandingkan dengan mobil sekelasnya tak lain Datsun Go+ Panca, mobil ini memiliki kabin lebih lega.

Bahan bakar irit

Dimensi yang lebih kecil dan mesin 1200cc tentunya memuat mobil ini menjadi irit bahan bakar.

Air circulator

Mobil ini memang tidak menggunakan AC double blower maka diganti dengan air cilculator sehingga baris kedua dan baris ketiga tidak pengap.

Fitur lengkap

Dengan bandrol harga kurang dari 150 juta untuk varian tertinggi, mobil ini memiliki fitur yang lengkap mulai dari electric mirror, head unit 4 speaker dengan USB, AUX dan Bluetooth connectivity, MID, Eco Mode, Fog Lamp dan wiper belakang.

Praktis 

Ruang penyimpanan dan tempat menaruh botol hingga one touch tumble, kursi tengah dengan sliding dan kursi belakang yang dapat dilipat tidak mengurangi kepraktisan mobil ini.

Kekurangan Calya Sigra


Body tipis

Body yang tipis ini membuat calya-sigra menjadi mobil murah tentunya karena pemangkasan biaya produksi. Ini berpengaruh pada berat mobil yang ringan bahkan ada konsumen yang terang-terangan mengatakan seperti “kaleng softdrink”.

Interior kurang baik

Lagi-lagi untuk memangkas biaya produksi, interior yang digunakan berkualitas minim, sehingga tidak memberi kesan mewah.

Kursi depan kurang nyaman

Masih jauh dari kata nyaman untuk kursi depan, bagian head restnya masih nyambung dan sangat rendah. Sehingga sangat tidak nyaman digunakan oleh orang yang tingginya lebih dari 170 cm.

Tidak ada Tilt Steering

Tidak adanya pengaturan ketinggian posisi setir membuat pengemudi dengan postur pendek mudah kelelahan.

Baca juga: Ganti Per, Solusi untuk Mobil Calya-Sigra yang Amblas

Harus pertamax

Masuk dalam grup LCGC tentunya menggunakan pertamax sebagai bahan bakarnya. Minimal pertalite, apabila anda nekat menggunakan premium siap-siaplah untuk sering batuk karena mobil ini tidak didesain untuk bilangan oktan yang rendah.

Jika anda tidak peduli kualitas interior dan eksterior apalagi image mobil murah, calya-sigra dapat menjadi pilihan untuk keluarga muda atau pembeli pemula.

Post a Comment

0 Comments