Mengenal Bahasa Suku Baduy

Mengenal Bahasa Suku Baduy

Daftar isi: [Tampil]
Seperti yang diketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali suku yang mana tersebar dari pulau Papua hingga Sumatera. Dari banyaknya suku di Indonesia, pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang memiliki jumlah suku yang paling banyak salah satunya yaitu Suku Baduy. 


Sebagian besar dari Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama suku yang satu ini. Suku Baduy memang sangat terkenal di Indonesia khususnya di pulau Jawa. Suku ini merupakan suku asli dari provinsi Banten yaitu tepatnya berada di kabupaten Lebak. Salah satu alasan mengapa suku baduy sangat dikenal yakni karena kentalnya tradisi dan budaya yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Mengenal Tentang Suku Baduy Lebih Jauh


Tentang Suku Baduy

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas bahwa Suku Baduy merupakan suku dengan etnis Sunda yang berada di daerah Banten. Salah satu hal menarik dari Suku Baduy ini yaitu sampai saat ini terus berusaha untuk melestarikan dan mempertahankan budaya setempat dari dampak adanya globalisasi dan juga perkembangan IPTEK.

Perlu diketahui sampai saat ini Suku Baduy masih hidup tanpa menggunakan listrik, elektronik, dan juga internet. Sehingga tidak heran jika Anda berkunjung ke sana, Anda akan kesulitan untuk menemukan sinyal. Selain itu kebiasaan Suku Baduy yang sampai sekarang ini tetap dilakukan yaitu selalu mengenakan pakaian khasnya. Untuk baju khasnya sendir berwarna putih dengan celana berwarna hitam.

Bahasa Suku Baduy

Bahasa Suku Baduy merupakan bahasa yang digunakan oleh suku Baduy untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Menurut Wikipedia jika dilihat dari segi linguistik, bahasa yang digunakan oleh Suku Baduy bukanlah dialek yang berasal Sunda atau bahasa Sunda melainkan dimasukkan ke dalam suatu rumpun dari bahasa Sunda.

Jika ditelusuri lebih jauh, rumpun bahasa Sunda tersebut merupakan bahasa yang masuk dalam kelompok rumpun bahasa melayu-Sumbawa yang mana adalah cabang dari Melayu Polinesia.

Demikian beberapa informasi terkait Suku Baduy Banten beserta bahasa yang digunakan. Ada banyak sekali hal keragaman yang dimiliki oleh Indonesia salah satunya adalah suku. Sebagai generasi yang baik sudah sepatutnya untuk menjaga dan melestarikan budaya adat yang sudah menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments