Cara Pembatalan dan Reschedule Tiket Kereta Api KAI

Cara Pembatalan dan Reschedule Tiket Kereta Api KAI

Daftar isi: [Tampil]
Kereta api merupakan salah satu alat moda transportasi yang digunakan untuk bepergian ke luar kota, entah itu untuk berlibur atau keperluan lainnya. Penggunaannya pun terbagi menjadi dua macam.
Selain sebagai kereta penumpang, jenis lainnya adalah untuk pengangkutan barang. Namun yang paling banyak digunakan masyarakat hingga kini adalah kereta penumpang.

Sebagai alat transportasi umum, penumpang perlu membeli tiket terlebih dahulu sebelum benar-benar bisa menggunakannya. Pembelian tiket terkadang bisa juga dibatalkan atau berubah karena suatu hal.

Cara Membatalkan Tiket Kereta

Anda tidak akan pernah mengetahui kejadian atau peristiwa yang bakal terjadi kedepannya. Bahkan terkadang sebuah rencana yang telah dipersiapkan dengan matang bisa saja batal dikarenakan suatu hal tertentu.

Pembatalan pada tiket kereta pun dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi dengan alasan yang berbeda-beda.

ilustrasi cara pembatalan tiket kereta di stasiun
ilustrasi cara pembatalan tiket kereta di stasiun

Melakukan pembatalan tak selalu mengalami kerugian besar seperti hangusnya tiket yang dibeli. Jika diurus, uang bisa kembali sesuai dengan ketentuan. Ikuti cara berikut untuk membatalkan tiket Boarding Pass kereta dengan mudah.

Harus dilakukan 30 Menit Sebelum Berangkat

Pastikan jadwal keberangkatan pada tiket adalah maksimal 30 menit sebelumnya sesuai yang tertera pada Boarding Pass. Pembatalan tiket kereta dapat dilakukan di beberapa stasiun wilayah Jawa dan Sumatera sesuai dengan daftar yang telah ditetapkan oleh PT KAI.

Siapkan Dokumen yang dibutuhkan

Siapkan identitas asli beserta fotokopinya sesuai dengan data yang diberikan pada saat pembelian tiket Boarding Pass kereta.

Bagi yang tidak bisa melakukan pembatalan dapat melalui pihak ketiga, dengan catatan harus melampirkan surat kuasa bermaterai dan identitas asli si penerima kuasa selain dari identitas serta fotokopi si pemilik tiket.

Lain lagi halnya untuk satu kode booking dengan lebih dari satu nama penumpang, surat kuasa cukup satu. Cukup cantumkan salah satu nama pada surat kuasa tersebut.

Mengisi Formulir

Selanjutnya adalah mengisi formulir data penumpang, Boarding Pass, dan pengambilan biaya pembatalan tiket. Petugas akan memberikan dua rangkap formulir. Pengambilan dapat dilakukan melalui transfer maupun tunai.

Bukti Pengembalian Biaya

Setelah formulir tervalidasi, pemohon pembatalan tiket akan mendapatkan bukti untuk pengambilan biaya jika dengan tunai. Pengambilan secara tunai wajib membawa identitas asli. Baik tunai maupun transfer, pengembalian biayanya terhitung setelah 30 hari dari pembatalan.

Pinalty 25%

Sebagai catatan, untuk biaya pembatalan biasanya dikenakan sebesar 25%, lain dari harga tiket pemesanan. Bagi yang kehilangan formulir pengambilan harus membawa serta surat keterangan atas kehilangan dari pihak berwajib.

Cara Reschedule Tiket Kereta

Selain dari pembatalan, kejadian yang tak terduga juga dapat memaksa Anda untuk mengubah jadwal keberangkatan.

Ada beberapa kondisi untuk melakukan reschedule, yaitu jenis kereta yang sama dengan pemberangkatan berbeda atau sebaliknya. Kondisi lainnya bisa pula dengan jenis kereta dan waktu pemberangkatan yang sama-sama berbeda.

Dengan kondisi tersebut, maka reschedule boleh dilakukan di stasiun yang sudah terdaftar oleh pihak kereta api. Caranya pun sama mudahnya seperti dengan melakukan pembatalan tiket. Berikut adalah cara yang dapat Anda ikuti.
  1. Anda harus mendatangi lokasi loket stasiun kereta yang melayani perubahan jadwal. Namun, perubahan tersebut juga tergantung dengan persediaan tempat duduk yang tersisa.
  2. Petugas loket akan melayani perubahan jadwal selambatnya 60 menit sebelumnya sesuai dengan yang ada di Boarding Pass Anda.
  3. Reschedule akan dikenakan biaya sebesar 25% seperti pada pembatalan tiket. Penumpang juga akan dikenakan harga tambahan jika Boarding Pass yang baru lebih mahal dari sebelumnya sesuai dengan selisih harga tiketnya.
Sebaliknya, jika sama atau lebih rendah maka penumpang tidak akan dikenakan pembayaran apapun.

Dengan mengetahui cara membatalkan dan reschedule jadwal kereta, Anda tak perlu lagi khawatir dengan tiket yang sempat terbeli akan terbuang percuma. Anda pun akan merasa tenang setelah membatalkan atau mendapatkan tiket Boarding Pass yang baru bagi reschedule.

Post a Comment

0 Comments