Panduan Lengkap Lanjut Sekolah SMA di Jepang

Panduan Lengkap Lanjut Sekolah SMA di Jepang

Daftar isi: [Tampil]
Dikarenakan orang Jepang dikenal pintar – pintar, sopan, dan juga penuh semangat. Bahkan mereka juga sosok pekerja keras di segala bidang. Tidak heran jika pada akhirnya membuat Jepang menjadi salah satu negara paling maju di Asia. Setelah Anda lulus di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Anda pastinya akan melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Dengan melihat sistem pendidikan di Jepang yang maju, maka studi SMA di Jepang sepertinya menjadi pilihan yang tepat.

Suasana ruang kelas di jepang
Suasana ruang kelas di jepang

Tapi sebelum Anda memutuskan untuk melanjutkan studi SMA di Jepang, sebaiknya kuasai terlebih dulu bahasa Jepang. Tujuannya, tidak lain agar Anda lebih mudah lagi dalam mempelajari mata pelajaran yang akan diberikan. Selain itu, dengan menguasai bahasa Jepang Anda tentunya juga lebih mudah bersosialisasi dengan orang Jepang. Atas dasar itulah melalui artikel berikut akan kami bagikan seputar panduan studi SMA di Jepang. Silakan simak ulasannya di bawah ini.

Panduan Studi SMA di Jepang 

Pada dasarnya pendidikan atau studi SMA di Jepang lebih menitikberatkan pada pelajaran mengenai etika dan moral daripada ilmu pengetahuan umum. Tidak hanya itu, para siswa juga akan diajarkan mengenai seni, dengan harapan agar generasi muda yang sudah menempuh pendidikan di Jepang akan lebih menghargai seni tradisional Jepang. Dengan menerapkan sistem pendidikan yang hebat, tentu saja akan mampu mencetak generasi muda yang sangat cerdas dalam segala hal.

Nah, apabila Anda memang benar – benar berkeinginan untuk melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jepang, agar selama pendidikan Anda tidak menemui kesulitan yang berarti ada baiknya belajar bahasa Jepang dengan baik dan benar terlebih dulu. Tak perlu khawatir, sebab di Jepang juga sudah ada banyak sekali tempat kursus untuk belajar bahasa Jepang. Secara umum, tempat kursus belajar bahasa Jepang di Jepang biasanya menawarkan 3 program belajar bahasa yang bisa dipilih, diantaranya sebagai berikut.

Program 1 

Program belajar bahasa jepang yang pertama ini ditujukan khusus buat Anda yang ingin menempuh pendidikan dalam waktu singkat. Ya, program 1 adalah program jangka pendek dalam belajar bahasa Jepang. Masa belajar bahasa Jepang pada program pertama ini hanya berkisar antara 1 minggu – 3 bulan saja.

Sementara itu untuk ketentuan usianya sendiri minimal 15 tahun, jadi akan sangat pas sekali ketika Anda ingin menempuh pendidikan di jenjang SMA di Jepang nanti, apalagi Anda juga tidak perlu menyiapkan JLPT. Lalu untuk periode masuk sekolahnya adalah di bulan Januari, Apri, Juli, dan Oktober. Namun demikian, apabila Anda kebetulan juga memiliki JLPT N5 ke atas, maka Anda bisa masuk ke sekolah kapan pun.

Untuk mengikuti program 1 tersebut Anda bisa mengirimkan dokumen – dokumen yang dibutuhkan 2 – 3 bulan sebelum dilaksanakan kegiatan belajar bahasa Jepang. Lalu untuk visa turisnya sendiri bisa dikirimkan 1 atau 3 bulan, tergantung periode pendaftaran sekolah bahasa Jepang.

Program 2 

Ini merupakan program jangka panjang, dimana masa belajarnya sekitar 6 bulan – 2 tahun. Adapun ketentuan untuk mengikuti program belajar tersebut adalah Anda harus merusia minimal 18 tahun, lulus SMA, sehingga tidak direkomendasikan untuk Anda yang ingin menempuh pendidikan SMA di Jepang. Sama seperti program 1, di sini Anda juga tidak memerlukan JLPT.

Lebih lengkap! berikut panduan Program Sekolah SMA di Jepang

Kemudian untuk periode masuk sekolah adalah di bulan Januari, April, Juli, dan Oktober. Untuk mengikuti program pendidikan tersebut Anda bisa melakukan pendaftaran pada 5 – 6 bulan sebelumnya.

Program 3 

Pada program yang terakhir ini memang ditujukan khusus untuk Anda yang ingin menempuh pendidikan di tingkat SMA di Jepang, sehingga masa belajar yang dibutuhkan adalah 3 tahun. Adapun ketentuan dalam program tersebut, yakni Anda harus berusia minimal 15 tahun, lulus SMP, dan tidak perlu JLPT.

Lalu untuk periode masuk sekolahnya adalah di bulan April (OISCA, Sendai, Meitoku, Fukui) dan di bulan Oktober (Meitoku, Sendai). Pendaftaran atau pengiriman dokumennya sebaiknya dilakukan pada 5 – 6 bulan sebelumnya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang panduan studi SMA di Jepang. Semoga bisa bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments