Cara Melakukan Operasi Wasir dengan Asuransi BPJS

Cara Melakukan Operasi Wasir dengan Asuransi BPJS

Daftar isi: [Tampil]
Menjadi salah satu jenis penyakit paling umum dialami, ambeien atau yang juga disebut dengan wasir (hemoroid) bisa menyerang segala usia, baik anak – anak, remaja, hingga orang dewasa. Namun demikian, biasanya penyakit ambeien ini lebih sering menimbulkan keluhan di usia 50 tahun ke atas. Munculnya penyakit ambeien adalah ketika terjadi pembengkakkan atau pembesaran di bagian pembuluh darah di rektum atau usus besar bagian akhir, dubur, atau anus. 

Meskipun ambeien termasuk jenis penyakit yang tidak berbahaya, bahkan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun demikian, penyakit tersebut juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri. Bahkan di kondisi parahnya lagi, ambeien bisa saja mengalami pendarahan hebat. Jika sudah demikian, maka operasi ambeien pun harus segera dilakukan.

biaya operasi bpjs kesehatan untuk wasir
Biaya operasi bpjs kesehatan untuk wasir

Tentu saja untuk tindakan operasi ini butuh biaya yang tidak sedikit. Untungnya dengan adanya BPJS Kesehatan biaya operasi ambeien bisa lebih ditekan lagi. Namun demikian, sebelum melakukan operasi ambeien sebaiknya ketahui terlebih dulu perkiraan biaya operasi ambeien BPJS berikut.

Perkiraan Biaya Operasi Ambeien BPJS 

Apabila ambeien yang diderita ternyata tak kunjung sembuh, atau bahkan semakin parah, maka Anda disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter. Tujuannya, agar bisa diberi penanganan secara tepat dan cepat. Operasi ambeien atau hemoroidektomi dilakukan sebagai tindakan pembedahan untuk mengangkat jaringan yang berlebih, penyebab pendarahan pada penderita ambeien.

Jika berbicara mengenai biaya untuk tindak operasi penyakit ambeien biasanya  tergantung dari kualitas masing – masing rumah sakit dan metode yang dilakukan untuk melakukan operasi ambeien tersebut. Apabila si pasien memang akan melakukan pembayaran biaya operasi ambeien secara mandiri, maka biasanya perkiraan biaya yang harus dibayarkan berkisar antara Rp 4 – 8 juta rupiah. Namun demikian, apabila diperlukan alat tambahan, seperti operasi dengan menggunakan stapler, maka biaya yang harus dibayarkan bertambahan hingga Rp 10 – 30 juta rupiah.

Untungnya sekarang biaya operasi untuk penyakit ambeien ini sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Dengan begitu biaya yang harus dibayar penderita ambeien bisa lebih terjangkau. Namun demikian untuk tindakan operasi ambeien BPJS ini si penderita harus sudah terdaftar dalam BPJS Kesehatan, dan menghubungi pihak administrasi di rumah sakit tersebut mengenai hal ini. BPJS Kesehatan akan membantu mengcover biaya operasi ambeien, tapi BPJS ternyata tidak mengcover biaya untuk tambahan alat dalam tindakan operasi tersebut.

Agar mendapat fasilitas BPJS Kesehatan untuk tindak operasi ambeien pastinya ada beberapa hal yang harus dipenuhi, seperti si pasien terlebih dulu harus melakukan pemeriksaan dengan dokter menggunakan fasilitas kesehatan di tingkat pertama. Jangan lupa juga untuk menunjukkan kartu BPJS Kesehatan yang dimiliki.

Nanti dokter akan memberikan diagnosa mengenai penyakit yang diderita. Apabila ambeien yang diderita ternyata sudah memasuki kategori parah, maka si pasien biasanya diharuskan untuk meminta surat rujukan agar segera dilakukan tindakan operasi ambeien. Pada saat mengunjungi rumah sakit yang telah ditentukan, si pasien harus membawa KTP dan KK (Kartu Keluarga) asli.

Operasi ambeien menjadi solusi saat penyakit tersebut sudah dikatakan parah dan tidak bisa diobati secara mandiri menggunakan bahan – bahan alami. Tindakan medis untuk penyakit ambeien ini biasanya dilakukan saat penderita sudah mengalami ambeien di stadium 4 dimana pada kondisi tersebut si pasien atau penderita sudah sering BAB (Buang Air Besar) dengan mengeluarkan darah.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang perkiraan biaya operasi ambeien BPJS. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments