Mengenal Jenis Sapi Premium untuk Disembelih Saat Kurban Idul Fitri

Mengenal Jenis Sapi Premium untuk Disembelih Saat Kurban Idul Fitri

Daftar isi: [Tampil]
Hampir semua jenis sapi dapat digunakan sebagai hewan untuk dikonsumsi susu dan dagingnya. Namun, bila tujuan konsumsi sapi adalah untuk kurban, maka ada syarat khusus agar hewan ternak atau sapi memenuhi syarat untuk dikurbankan.

Sapi yang memenuhi syarat kurban adalah sapi yang tidak memiliki cacat di mata, luka atau penyakit fisik, pincang atau cacat, dan juga sapi yang tidak sehat seperti sapi yang kurang memiliki bobot atau beratnya jauh dibawah standar.

jenis sapi premium untuk kurban
Jenis sapi premium untuk kurban

Dari sekian banyak jenis sapi yang layak dijadikan sebagai kurban adalah sapi-sapi yang berkualitas bagus dan memiliki daya tahan yang tinggi terhadap penyakit.

Jenis Sapi Untuk Kurban

Di Indonesia, ada berbagai jenis sapi yang memiliki kualitas bagus untuk dijadikan sebagai hewan kurban, baik sapi peranakan atau sapi asli Indonesia. Berikut beberapa sapi terbaik untuk dijadikan sapi kurban.

1. Sapi Limousin

Sapi Limousin adalah sapi favorit untuk dijadikan sebagai hewan kurban, jenis sapi ini sendiri beraal dari Perancis. Sapi Limousin telah ada sejak 16.000 tahun lalu dan termasuk jenis sapi tertua dalam sejarah hewan ternak.

Oleh karena itu sapi jenis ini miliki daya tahan tubuh yang tinggi karena secara genetik Sapi Limousin mampu hidup di era yang keras dan liar.

Sapi Limousin memiliki tubuh yang besar dan padat, dengan kandungan lemak dalam daging yang rendah sehingga cukup baik untuk dijadikan hewan kurban.

2, Sapi Sumba Ongole

Sapi Sumba Ongole adalah hasil peranakan dari daerah India. Di Indonesia sendiri sapi ini masuk ke dalam jajaran jenis sapi terbaik. Predikat baik ini tentu karena beberapa kelebihan yang ada pada sapi ini, salah satunya adalah daya tubuh yang bagus dan dapat terus hidup sehat dalam segala kondisi cuaca.

Sapi ini juga terkenal dapat bertahan dalam kondisi sulit, seperti dalam kondisi tidak ada makanan atau air untuk diminum.

Sapi Ongole memiliki bobot mencapai  berkisar di antara 400 kg hingga 600 kg. Untuk pejantan, Sapi Ongole memiliki tinggi hingga 160 cm dan untuk sapi betina tingginya dapat mencapai 140 cm. Keunggulan Sapi Ongole selain dagingnya yang sangat berkualitas, Ongole juga dapat memproduksi susu yang tidak kalah bagus.

2. Sapi Madura

Sapi Madura adalah satu pilihan terbaik untuk dijadikan sebagai hewan kurban. Sapi Madura adalah jenis sapi yang masuk tiga besar sapi terbaik di dunia.

Jenis sapi ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, tidak hanya dagingnya berkualitas bagus. Sapi Madura memiliki daya tahan yang tinggi terhadap lingkungan, ada banyak petani madura yang menggunakan sapi jenis ini sebagai hewan untuk membajak sawah atau menarik pedati.

Kulit dari Sapi Madura juga memiliki harga jual yang sangat tinggi, karena tekstur kulitnya yang lembut, rata dan kuat. Sapi Maduran dapat mencapai bobot hidup, 250 kg hingga 300 kg untuk sapi jantan dan 150kg hingga 200kg untuk sapi madura betina.

Ukuran ini mungkin cukup kecil jika dibandingkan dengan jenis sapi sebelumnya, namun tetap saja Sapi Madura adalah sapi lokal dengan daging kualitas dunia.

Itulah jenis sapi terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai hewan kurban. Beberapa jenis sapi lain mungkin masuk ke dalam kriteria sapi kurban premium. Namun, menggunakan sapi lokal untuk berkurban tentu akan lebih menguntungkan peternak Indonesia.

Post a Comment

0 Comments