Mengenal Apa Itu Lembaga dan Jenis-Jenisnya di Indonesia

Mengenal Apa Itu Lembaga dan Jenis-Jenisnya di Indonesia

Daftar isi: [Tampil]
Istilah lembaga pasti sudah tidak jarang terdengar di telinga Anda. Lembaga merupakan suatu istilah yang sangat umum digunakan dalam berbagai hal, sehingga sangat sering terdengar oleh masyarakat umum. Terdapat bermacam-macam lembaga yang ada di sekitar kita.

Meskipun demikian, pengertian lembaga dan bermacam-macam lembaga yang ada di sekitar kita belum tentu kita memahami apa maksudnya. Bahkan tak jarang kita juga menggunakan istilah tersebut.

Pengertian Lembaga

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai lembaga, akan lebih baik jika kita memahami pengertian dari lembaga terlebih dahulu. Lembaga merupakan institusi atau instrumen yang memiliki seperangkat hubungan norma, nilai, serta keyakinan, dan berpusat pada kebutuhan sosial.

Meskipun sering disamakan dengan organisasi, namun ternyata lembaga sangat berbeda dengan organisasi. Organiasasi merupakan kesatuan yang terdiri dari beberapa perangkat yang saling berinteraksi dan masing-masing perangkat memiliki spesialisasi.

Sekolah yang termasuk dalam lembaga pendidikan
Sekolah yang termasuk dalam lembaga pendidikan

Hal ini berbeda dengan lembaga yang mana di dalamnya tidak harus memiliki spesialisasi tiap perangkat. Lembaga juga lebih bersifat non formal karena beberapa syarat untuk menjadi alat legalisasi tidak dapat terpenuhi.

Dengan demikian, lembaga dan organisasi sangatlah berbeda. Penggunaan istilah lembaga dan organisasi pun juga harus dibedakan, sehingga bisa sesuai dengan konteks yang dimaksud.

Macam-Macam Lembaga

Terdapat berbagai jenis lembaga yang ada di sekitar kita. Beberapa bentuk lembaga di antaranya adalah:

Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan merupakan salah satu dari lembaga yang menjadi tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku seseorang ke arah yang lebih baik dengan interaksi di lingkungan sekitar.

Jenis lembaga ini juga terdriri dari beberapa hal, yakni formal, informal, hingga non formal. Lembaga ini juga bisa dimulai dari jenjang pra sekolah hingga pendidikan tinggi. Untuk lembaga pendidikan juga dapat bersifat umum maupun khas.

Tujuan dari lembaga pendidikan adalah untuk mendidik dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap menjadi individu yang lebih kreatif, kritis, berilmu, mandiri, berakhlaq mulia, serta memiliki tanggungjawab.

Lembaga Bantuan Hukum

Macam lembaga lainnya adalah lembaga bantuan hukum yang memiliki peran utama untuk membantu masyarakat umum yang memerlukan pelayanan bantuan hukum. Sifat dari lembaga ini adalah non non profit atau tidak mengambil keuntungan dari anggota maupun pengguna pelayanan.

Lembaga ini siap memberikan bantuan hukum bagi masyarakat yang buta hukum, tertindas, atau memerlukan bantuan hukum lain yang dirasa tidak mampu. Dengan demikian, lembaga bantuan hukum bisa memberikan pelayanan bantuan hukum bagi masyarakat dengan tanpa biaya.

Akan tetapi, untuk biaya operasional, umumnya akan ditanggung oleh pengguna layanan. Meskipun demikian, lembaga bantuan hukum biasanya juga memiliki kategori tersendiri dalam memilih masyarakat yang dipandang memerlukan bantuan hukum.

Bahkan, pengacara profit juga diharuskan untuk bisa memberikan bantuan hukum dengan sukarela bagi masyarakat yang membutuhkan. Hal ini diatur dalam amanat Undang-Undang Advokat Tahun 2003 dengan Nomor 18 pada pasal 18 dan 22 ayat 1.

Jika ada masyarakat yang memerlukan bantuan hukum, masyarakat bisa mendatangi lembaga bantuan hukum terdekat. Umumnya, di setiap daerah telah terdapat lembaga bantuan hukum yang siap memberikan pelayanan bantuan hukum bagi masyarakat yang membutuhkan. Contoh lembaga bantuan hukum di Surabaya ada Nurani.or.id.

Lembaga Sosial

Lembaga sosial menjadi jenis lembaga yang seringkali muncul dan terdengar di kalangan masyarakat. Pada dasarnya, lembaga sosial adalah lembaga yang terbentuk dari adanya nilai, norma, adat dan budaya yang hidup di dalam masyarakat.

Nilai, norma, adat dan budaya tersebut kemudian terus berulang dan menyatu dalam masyarakat. Akhirnya, selanjutnya dalam masyarakat akan terbentuk suatu kelembagaan.

Fungsi dari lembaga sosial lebih mengarah pada pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Lembaga sosial akan berfungsi sebagai pandangan nilai dan norma dalam masyarakat. Selain itu, lembaga sosial juga menjaga keutuhan masyarakat dan mengendalikan tingkah laku masyarakat.

Lembaga Politik

Ada lagi jenis lembaga lain yang perlu dipahami, yaitu lembaga politik. Dalam lingkungan masyarakat yang hidup dalam suatu wilayah, tentu terdapat suatu peraturan yang tegas.

Meskipun demikian, juga dibutuhkan suatu badan yang dapat menampung berbagai aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal inilah yang mendasari terbentuknya lembaga politik.

Ciri khusus dari lembaga ini adalah adanya suatu kelompok manusia yang memiliki asosiasi politik yang aktif, menjalankan kewenangan dalam suatu wilayah, serta melaksanakan fungsi yang memenuhi kepentingan umum dari suatu asosiasi.

Peranan lembaga politik di antaranya adalah megnarahkan sekaligus memaksa masyarakat untuk menaati dan menjalankan nilai atau norma yang sudah berlaku dalam lembaga politik. Lembaga ini juga berperan dalam menengahi permasalahan apabila terdapat perselisihan dalam masyarakat.

Selain itu, lembaga politik juga berperan dalam melindungi masyarakat dan memastikan bahwa hak dan kewajiban masyarakat terpenuhi. Berbagai kebijakan umum dan proses politik pun juga menjadi peran dan fungsi lembaga politik.

Lembaga Agama

Sementara itu, untuk lembaga agama merupakan suatu lembaga yang mengatur mengenai segala kehidupan manusia yang berkaitan dengan suatu kepercayaan. Hal ini berkaitan dengan seperangkat aturan tata perilaku yang mengacu kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Adapun peranan dari lembaga agama adalah untuk mengajarkan, mendidik, mengatur, serta mewujudkan keteraturan sosial dalam kehidupan dengan berdasarkan pada perintah dan larangan dari kitab suci setiap agama agar tetap selamat dan sejahtera di kehidupan dunia dan selanjutnya.

Dari berbagai pembahasan di atas, telah dijelaskan bermacam-macam lembaga yang ada di lingkungan masyarakat. Lembaga-lembaga tersebut sangat berbeda dengan organisasi, dan masing-masing lembaga memiliki fungsi atau peranan yang berbeda-beda.

Post a Comment

0 Comments