Mengenal Program Beasiswa Unggulan Dari Kemendikbud

Mengenal Program Beasiswa Unggulan Dari Kemendikbud

Daftar isi: [Tampil]
Brought to you by: Gurupendidikan.co.id

Ada banyak cara untuk kuliah salah satunya mengikuti program beasiswa yang difasilitasi oleh Kemendikbud yakni Beasiswa Unggulan. Beasiswa ini bisa diikuti secara daring oleh seluruh masyarakat yang ingin melanjutkan studi S1, S2 bahkan jenjang S3.

Sekilas Tentang Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Menariknya, Beasiswa Unggulan bukan hanya diberikan untuk masyarakat berprestasi saja. Setidaknya ada dua jenis beasiswa lainnya yang bisa diikuti oleh masyarakat yakni Beasiswa Unggulan 3T yang khusus diberikan untuk siswa berdomisili di daerah 3T. Atau Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud yang bisa diikuti oleh seluruh pegawai Kemendikbud yang memenuhi persyaratan.

Ilustrasi beasiswa unggulan

Karena sejak awal program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak bangsa, maka sasarannya harus jelas dan terverifikasi. Uniknya, selain memberikan beasiswa bagi mahasiswa baru Kemendikbud juga menawarkan Beasiswa Unggulan untuk mahasiswa yang telah menempuh kuliah maksimal 2 semester.

Persyaratan yang harus dikumpulkan oleh siswa atau mahasiswa yang ingin mengikuti program Beasiswa Unggulan hampir sama bobotnya.

Cara Daftar Beasiswa Unggulan

Tertarik mengikuti program beasiswa ini untuk menempuh pendidikan S1, S2 atau S3? Simak tata cara daftarnya berikut ini:

  • Membaca dan Memahami Informasi FAQ
Informasi tentang Beasiswa Unggulan selengkapnya bisa diperoleh dengan membaca halaman Frequently Asked Question yang bisa Anda akses kapan saja di situs resminya yaitu www.buonline.basiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

Seluruh pertanyaan dan jawaban dibahas dengan sangat terperinci di halaman FAQ. Mustahil Anda mengalami kesulitan untuk memahami apa Anda memenuhi syarat atau tidak untuk mengikuti Beasiswa Unggulan.

  • Daftar Secara Online Di Situs Resmi
Karena berbasis daring, maka pendaftarannya pun dilakukan secara online melalui situs resmi Beasiswa Unggulan Kemendikbud. Namun sebelum mendaftar, pastikan Anda buat akun terlebih dahulu dengan klik “registrasi”

  • Login Akun dan Melakukan Aktivasi Email
Setelah proses pendaftaran berhasil, langkah selanjutnya login ke akun Anda menggunakan informasi yang telah dibuat. Jangan lupa untuk membuka halaman email Anda untuk melakukan aktivasi email.

  • Lengkapi Formulir Pendaftaran
Segera lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran. Saat mengisi formulir pendaftaran, pastikan Anda sudah melakukannya dengan baik dan benar. Jangan ada data yang salah input karena proses ini akan menentukan lulus atau tidaknya Anda pada tahap pertama.

  • Tunggu Pengumuman Tahap Pertama
Informasi lulus atau tidaknya Anda akan diinformasikan oleh Beasiswa Unggulan Kemendikbd melalui email. Disaat penting seperti ini, Anda wajib cek email secara berkala agar tidak ketinggalan informasi.

  • Pemanggilan Seleksi Tahap Kedua
Bagi peserta yang dinyatakan lulus tahapan pertama, akan diminta untuk melanjutkan ke seleksi tahapan kedua. Proses ini mengharuskan Anda untuk bertemu tatap muka, jika tidak hadir otomatis Anda akan dianggap mengundurkan diri.

  • Pengisian Formulir Bagi Peserta yang Lulus
Peserta yang memenuhi seluruh persyaratan dan lulus tahap kedua wajib melakukan pengisian formulir sehingga dana beasiswa bisa segera dicairkan untuk memenuhi kebutuhan kuliah.

  • Pengumuman Akhir
Merupakan pengumuman final yang menyatakan jika Anda benar-benar layak mendapatkan Beasiswa Unggulan dan diperkenakan untuk melakukan penandatangan kontrak maupun bimtek.

Banyak sekali beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah, salah satu yang paling anyar adalah Beasiswa Unggulan. Jika Anda merasa mampu dan memenuhi syarat, silahkan daftarkan sekarang juga.

Post a Comment

0 Comments