5 Kesalahan Umum dalam Menulis Laporan Penelitian

5 Kesalahan Umum dalam Menulis Laporan Penelitian

Daftar isi: [Tampil]
Laporan praktikum merupakan suatu penjelasan lengkap mengenai percobaan yang anda lakukan. Laporan tersebut digunakan untuk menjelaskan serta menganalisis prosedur percobaan yang anda lakukan serta data yang didapat. Pada laporan praktikum di dalamnya terdapat banyak bagian penting daftar alat dan bahan, hipotesis, serta data mentah percobaan yang disusun dengan menggunakan format tertentu. Akan tetapi dalam penyusunan laporan praktikum sering terjadi kesalahan. Lalu apa saja kesalahan umum dalam menulis laporan praktikum?

5 Kesalahan Umum dalam Menulis Laporan Praktikum

Praktikum merupakan salah satu kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan alam seperti, kimia, fisika, ilmu alam, biologi dan lain sebagainya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengaplikasikan teori yang diperoleh yang dinilai cukup efektif dalam proses menjelaskan ilmu dengan melihat fenomena secara langsung.

kesalahan umum dalam menulis laporan ilmiah
Kesalahan umum dalam menulis laporan ilmiah

Dalam mengerjakan tugas praktikum, pada umumnya siswa atau mahasiswa akan dibagi ke dalam beberapa kelompok yang kemudian melakukan pengamatan terhadap masalah yang terjadi. Kegiatan praktikum dapat dilakukan di dalam ruangan (laboratorium) atau di luar ruangan.

Beberapa Kesalahan Umum dalam Menulis Laporan Praktikum

Dalam menyusun sebuah laporan praktikum sering terjadi kesalahan umum yang kadang tidak anda sadari, Kesalahan-kesalahan tersebut antara lain:

1. Judul yang Terlalu Panjang

Judul yang terlalu panjang tidak mencerminkan dengan tepat masalah yang akan dipecahkan. Pasalnya, judul lebih luas atau lebih sempit dibandingkan dengan masalah yang dikemukakan.

2. Masalah Penelitian

Tidak terdapatnya atau tidak disebutkannya analisis serta pembatasan masalah serta istilah juga tujuan penelitian. Atau dibahas dengan singkat sehingga sangat sulit guna mengetahui masalah apa yang akan dipecahkan.

3. Masalah Analisis

Analisis yang tidak berhasil menyelesaikan permasalahan dengan kumpulan data yang dijadikan dasar pemecahan masalah tidak ditunjukkan dengan jelas.

4. Latar Belakang Masalah

Pada latar belakang masalah sering muncul teori atau pemecahan masalah atau alat bantu yang digunakan untuk memecahkan masalah.

5. Tinjauan Kepustakaan yang Berkaitan

Tidak adanya tinjauan kepustakaan yang berkaitan atau terdapat beberapa kekurangan yang terlihat dengan jelas. hal yang dilaporkan tidak saling berhubungan atau kaitannya terlalu jauh.

Cara Menyusun Laporan Pratikum

Teknik penulisan laporan praktikum perlu dipelajari agar dapat memudahkan anda serta pembaca dalam memahami informasi yang disampaikan di dalam laporan. Ada beberapa kaidah serta format berlaku yang harus disesuaikan antara lain pemilihan kata, penyajian data serta berbagai sumber yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan.

Di bawah ini cara menulis laporan praktikum yang baik dan benar antara lain:

Judul serta Cover Laporan

Halaman sampul merupakan hal penting dalam penyusunan laporan praktikum. Cover harus didahulukan dengan menulis judul kegiatan praktikum yang anda lakukan. Judul laporan harus jelas dan padat.

Kata Pengantar serta Daftar Isi

Anda dapat menulis kata pengantar untuk melengkapi laporan praktikum anda. Dengan adanya daftar isi juga memudahkan asisten dosen dalam membaca laporan praktikum anda.

Pendahuluan

Dalam pembuatan pendahuluan harus memperhatikan susunan kalimat serta isi yang disesuaikan dengan kaidah penulisan laporan yang benar. Pada pendahuluan memiliki sub judul yakni latar belakang, rumusan masalah serta tujuan pembuatan laporan.

Akan tetapi terdapat juga sub judul yang menambahkan penulisan laporan guna mengetahui seperti apa kontribusi terhadap pembaca secara umum.

Studi Literatur

Berfungsi memberikan dasar mengenai sumber penulisan laporan dalam menyampaikan pembahasan yang terdapat pada laporan. Hal ini bertujuan agar laporan dinilai sebagai suatu karya tulis yang ilmiah serta memiliki sumber rujukan yang dapat dipercaya.

Pembahasan

Merupakan inti dari laporan praktikum. Di dalamnya mengandung kegiatan serta hasil analisis yang dilakukan baik di dalam ruangan atau pun diluar sehingga menghasilkan kesimpulan sementara atau hipotesis.

Penutup dan Kesimpulan

Merupakan bagian akhir dari laporan praktikum yang menyajikan kesimpulan serta saran dan kritik. Terdapat rangkuman serta kesimpulan dari hasil analisis terhadap kegiatan praktikum.

Dengan dijelaskannya 5 kesalahan umum dalam menulis laporan praktikum, maka anda dapat mengetahui berbagai kesalahan yang perlu dihindari dalam menyusun laporan praktikum. Sehingga akan memudahkan anda dalam menyusun laporan praktikum dengan baik dan benar.

Post a Comment

0 Comments