Lebih Dekat dengan 5 SMA Negeri Terbaik di Jakarta

Lebih Dekat dengan 5 SMA Negeri Terbaik di Jakarta

Daftar isi: [Tampil]
Tidak lama lagi, siswa kelas IX akan bersaing untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ada yang sibuk mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional, tidak sedikit pula yang sudah mencari-cari informasi tentang SMA favorit. Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan ingin melanjutkan ke SMA negeri, ada beberapa sekolah terbaik yang layak dimasukkan ke dalam daftar pilihan.

ilustrasi SMAN di Jakarta
Ilustrasi SMAN di Jakarta

Penetapan SMA terbaik ini berdasarkan nilai rata-rata Ujian Nasional tingkat SMA/MA Negeri tahun ajaran 2018/2019 di provinsi tersebut. Terdapat dua kategori, yaitu SMA Negeri terbaik untuk jurusan IPA dan SMA Negeri terbaik untuk jurusan IPS. Untuk kali ini, Anda akan mengetahui deretan SMA terbaik dengan kategori jurusan IPA. Penasaran? Jangan lewatkan ulasan lengkap berikut ini!

SMA Negeri Terbaik di Jakarta

SMA N Unggulan Mohamad Husni Thamrin

SMAN Unggulan MH. Thamrin menduduki peringkat pertama dalam daftar SMA Negeri terbaik di Jakarta untuk jurusan IPA. Sekolah yang berlokasi di Cipayung, Jakarta Timur ini merupakan sekolah sains yang menggunakan tiga kurikulum berbeda, yaitu Kurikulum Nasional, Olimpiade Sains, dan Cambridge. Tidak heran jika sekolah bersistem asrama ini menjadi favorit masyarakat Jakarta.

Lihat juga: Cara Cek NPSN Sekolah di web Kemdikbud

Pada Ujian Nasional tingkat SMA/MA tahun ajaran 2018/2019, SMA N Unggulan MH. Thamrin meraih total rata-rata nilai sebesar 91,96. Sedangkan rata-rata per mata pelajaran adalah sebagai berikut: Matematika (93,18); Kimia (89,85); Fisika (96,11); Biologi (89,56); Bahasa Indonesia (88,42); dan Bahasa Inggris (93,14). Rata-rata tersebut terpaut cukup jauh dari SMA Negeri 8 yang menduduki peringkat ke-2.

SMA Negeri 8

SMAN 8 Jakarta ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Sekolah yang terletak di Jakarta Selatan ini telah menerapkan sistem seleksi yang sangat ketat dalam penerimaan siswa baru. Berbagai penghargaan telah diraih oleh siswa SMA N 8 Jakarta, seperti Olimpiade Sains Nasional hingga banyaknya lulusan yang diterima di PTN bergengsi.

Dalam Ujian Nasional tingkat SMA/MA tahun ajaran 2018/2019, SMAN 8 berhasil mendapatkan total rata-rata nilai 86,55. Meskipun selisih angka cukup jauh dari peringkat pertama, sekolah ini berhasil membuktikan keunggulannya. Berikut ini rata-rata nilai setiap mata pelajaran: Matematika (83,99); Kimia (84,46); Fisika (81,54); Biologi (84,73); Bahasa Indonesia (87,52); dan Bahasa Inggris (91,72).

SMA Negeri 81

SMA Negeri terbaik di Jakarta yang berikutnya adalah SMAN 81. Sekolah Menengah Atas ini juga ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Terletak di Jakarta Timur, SMA N 81 mempunyai segudang prestasi mulai dari Olimpiade Sains Nasional hingga lomba karya ilmiah remaja.

Lihat juga: Cara Verval PTK dan Pengajuan NUPTK

Pada momen UN tahun lalu, sekolah ini berhasil menduduki peringkat ke-3 dengan total rata-rata nilai sebesar 85,14. Angka ini tidak terpaut jauh dari SMA Negeri 8, yaitu hanya 1,41 poin. Rata-rata nilai per mata pelajaran adalah sebagai berikut: Matematika (78,50); Kimia (85,26); Fisika (83,79); Biologi (80,59); Bahasa Indonesia (88,35); dan Bahasa Inggris (90,31).

SMA Negeri 28

SMAN 28 Jakarta berhasil menduduki peringkat keempat dalam daftar SMA Negeri terbaik di ibukota. Sekolah yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini dikenal sebagai salah satu sekolah unggulan di DKI Jakarta. Tidak heran jika banyak siswa kelas IX yang bersaing untuk mendapatkan kursi di sekolah berakreditasi A ini.

Keunggulan SMAN 28 terbukti dengan diraihnya peringkat ke-4 pada Ujian Nasional tahun lalu. Sekolah ini berhasil mendapatkan total rata-rata nilai 84,62, tidak terpaut jauh dari peringkat di atasnya. Rata-rata nilai setiap mata pelajaran adalah sebagai berikut: Matematika (76,47); Kimia (86,30); Fisika (84,18); Biologi (81,17); Bahasa Indonesia (87,82); Bahasa Inggris (90,70).

SMA Negeri 34

SMAN 34 Jakarta merupakan salah satu sekolah berakreditasi A yang terletak di Cilandak, Jakarta Selatan. Sekolah berstatus sekolah unggulan DKI Jakarta ini awalnya merupakan sekolah filial dari SMA N 6 yang terletak di Kebayoran Baru. Hingga saat ini, SMA Negeri 34 mempunyai lebih dari 800 siswa dengan sistem seleksi yang tergolong ketat.

Berdasarkan Ujian Nasional tahun lalu, sekolah ini berhasil menduduki peringkat ke-5 SMA Negeri dengan nilai terbaik. Rata-rata nilai yang diperoleh adalah 84,52, hanya selisih 0,1 dari SMA Negeri 28 yang menduduki peringkat ke-4. Berikut rata-rata nilai setiap mata pelajaran: Matematika (76,47); Kimia (86,30); Fisika (84,18); Biologi (81,17); Bahasa Indonesia (87,82); Bahasa Inggris (90;70).

Dari kelima daftar SMA Negeri terbaik di Jakarta tersebut, Anda bisa menentukan sekolah yang tepat untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Sayangnya, sistem zonasi yang diberlakukan oleh pemerintah menjadi hambatan tersendiri untuk mendapatkan bangku di sekolah favorit namun jauh dari rumah. Namun, dengan tekad dan usaha yang keras, bukan tidak mungkin Anda bisa mewujudkan mimpi tersebut. Semangat!

Post a Comment

0 Comments