Ini Dia Komponen Penting dalam Skema Instalasi Depot Air Minum

Ini Dia Komponen Penting dalam Skema Instalasi Depot Air Minum

Daftar isi: [Tampil]
Usaha bisnis air minum sudah marak dilakukan orang-orang. Prospek ke depannya pun cerah karena air merupakan kebutuhan pokok semua orang. Pada dasarnya, depot air minum merupakan tempat yang menyediakan air setelah melalui berbagai tahap filtrasi sampai sterilisasi sehingga layak untuk diminum sesuai standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

Contoh skema depot air minum dengan mesin reverse osmosis
Contoh skema depot air minum dengan mesin reverse osmosis

Teknologi yang dipakai untuk mengolah air minum juga perlu dipertimbangkan agar menghasilkan air dengan kualitas baik. Syarat air yang baik diminum adalah tidak terasa, tidak berbau dan tidak berwarna. Perlu diperhatikan setiap komponen yang ada di skema instalasi depot air minum.

Komponen Instalasi Depot Air Minum:

  • Filter Tabung Utama
Jumlah umum tabung yang digunakan berjumlah dua buah. Dimana nantinya kedua tabung ini akan diisi dengan pasir silika dan media filter karbon aktif. Fungsi dari pasir silika ialah untuk memisahkan partikel-partikel yang menyebabkan air tidak bening dan meningkatkan kejernihan air. Sedangkan karbon aktif berfungsi menetralisir bau dan rasa pada air. Karena sebelumnya, air bahan baku memiliki rasa tidak enak dan agak berbau sebelum melewati tahap filtrasi.

  • Lampu Ultraviolet (UV)
Skema instalasi depot air minum salah satunya berisi lampu ultraviolet yang dipasang satu unit atau terkadang orang-orang ada yang memasang sebanyak dua unit. Manfaat dari pemasangan lampu ultraviolet ini adalah demi mensterilkan bakteri dan kuman yang terkandung dalam bahan baku dalam air yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Jangan lupa menyesuaikan lampu ultraviolet dengan kapasitas mesin air.

  • Kran Elektrik (Soenoid)
Komponen ini bekerja pada saat proses pencucian galon. Kran elektrik biasanya dipakai untuk menghidupkan atau mematikan serta mengoperasikan masing-masing kran partisi dan pembilasan pada galon.

  • Pipa Sambung
Bagian terakhir yang dibutuhkan adalah pipa untuk menyambung atau merangkai keseluruhan komponen yang sudah disebutkan tadi menggunakan pipa pvc. Setelah itu, disertai pemasangan beberapa stop kran putar yang diletakkan di beberapa titik tertentu sebagai pengaman untuk berjaga-jaga jika ada masalah.

Itulah beberapa komponen dari skema instalasi depot air minum yang dapat dijabarkan. Untuk bentuk skemanya sendiri, tabung-tabung utama tadi dimasukkan ke kotak kaca yang telah disediakan serta disambung dengan beberapa pipa. Instalasi sendiri berarti pemasangan tiap-tiap komponen sehingga bisa digunakan untuk mengganti air dengan melalui beberapa tahap tertentu.

Dari filtrasi hingga sterilisasi air. Setiap komponen memiliki kesinambungan dalam manfaatnya sehingga bisa dipastikan akan menghasilkan kualitas air yang terjamin. Di belakang kotak kaca dimana tabung berada, ditempatkan sebuah tabung besar yang berisi air untuk mengisi ulang air ke dalam galon. Skemanya telah dibuat mudah untuk dipasang.

Post a Comment

0 Comments