Mengenal Definisi dan Klausul ISO 9001:2015 Standar Mutu Terbaru

Mengenal Definisi dan Klausul ISO 9001:2015 Standar Mutu Terbaru

Daftar isi: [Tampil]
Ketika Anda membeli sebuah produk, seringkali terdapat label yang bertuliskan ISO 9001 pada kemasannya. Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan label tersebut? Adakah hubungannya antara label tersebut dengan kualitas mutu sebuah produk?

Yuk simak ulasan kita kali ini.

ISO 9001:2015, Jaminan Standar Mutu

ISO merupakan kependekan dari International Standard Organization. ISO 9001 adalah salah satu produk dari organisasi tersebut, yang beranggotakan sekitar 160 negara di dunia. ISO 9001 merupakan standar kualitas yang berlaku secara internasional. Standar ini menetapkan beragam syarat untuk pengelolaan kualitas produk dan/atau jasa.

Contoh sertifikat ISO 9001:2015
Contoh sertifikat ISO 9001:2015

Standar global ini memang diperbarui secara berkala, mengikuti perkembangan pasar dan kebutuhan konsumen. Saat ini, versi standar yang berlaku adalah klausul ISO 9001 yang direvisi pada tahun 2015, memperbarui aturan pada versi 2008.

Klausul ISO 9001 Terbaru

Pada versi ISO 9001 terbaru, terdapat 10 klausul yang harus dipenuhi untuk bisa memenuhi standar. Apa saja ke-10 klausul tersebut?

Lingkup atau Cakupan

Perusahaan atau organisasi harus bisa menyediakan layanan atau produk secara konsisten. Tentunya produk tersebut harus sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta tidak melanggar hukum yang berlaku. Selain itu, kepuasan dari pelanggan juga harus meningkat secara konsisten, tidak boleh turun. Standar cakupan ini diberlakukan untuk semua jenis atau skala produksi, baik jasa maupun barang.

Norma Acuan

Terdapat dokumen yang berisi norma yang harus diterapkan. Penerapannya sendiri bisa mengacu pada sebagian atau keseluruhan norma tersebut. Semakin banyak yang dipenuhi, maka semakin baik. Dalam kitab norma ini, perusahaan atau organisasi wajib mengikuti acuan terbaru, dengan keterangan tanggal terkini.

Definisi dan Istilah

Bagian ini menjelaskan berbagai istilah yang ada dan cukup umum digunakan pada sistem standarisasi ini.

Konteks Organisasi

Bagian ini memiliki 4 sub-klausul. Termasuk di dalamnya, disebutkan bahwa organisasi atau perusahaan harus memiliki ketetapan hubungan di antara proses usaha, isu eksternal maupun internal, dan juga hubungan kerja dengan banyak pihak.

Kepemimpinan

Bagian ini menjelaskan tentang kewajiban apa yang mesti dijalankan para petinggi perusahaan. Dalam klausul ini, kebijakan dan sasaran mutu masih menjadi hal wajib. Hal baru pada klausul ini adalah perusahaan atau organisasi kini tak memerlukan kehadiran management representative, atau yang biasa disebut dengan MR. Meski begitu, jika perusahaan menganggap MR cukup dibutuhkan, maka hal tersebut tidak menyalahi aturan klausul 5 ini.

Perencanaan

Klausul ini merupakan klausul baru yang tidak ada di versi 2008. Klausul ini memiliki fokus utama agar perusahaan sebisa mungkin dapat memprediksi adanya risiko serta peluang yang ada. Maksudnya adalah berusaha memanfaatkan peluang sebesar-besarnya dan sebisa mungkin menghindari risiko yang ada.

Dukungan

Klausul ini mengelompokan cukup banyak klausul tambahan. Namun, secara umum klausul ini dianggap meringankan kerja perusahaan. Sebab, klausul ini menegaskan bahwa sekarang dokumentasi prosedur sudah bisa dijadikan satu dengan manual mutu. Dengan begitu, dokumen atau panduan mutu menjadi lebih sederhana dan ringkas.

Operasi

Klausul ini membahas tentang implementasi dari klausul-klausul yang ada dalam standar manajemen kualitas dan mutu. Seluruh sisi operasional memiliki standar tinggi menurut klausul ini. Mulai dari produksi, penyediaan layanan, interaksi dengan konsumen rekan usaha, hingga penanganan kendala yang terjadi selama proses-proses tersebut berlangsung.

Evaluasi Performa

Klausul ini merupakan terobosan yang membuat ISO 9001:2015 semakin rapi tertata. Sebab, klausul ini mengupas segala hal seputar evaluasi. Mulai dari audit, pemantauan kepuasan konsumen, hingga peninjauan tingkat manajemen.

Peningkatan

Klausul ini menitikberatkan tentang upaya peningkatan mutu yang harus dilakukan oleh perusahaan atau organisasi. Klausul ini seperti pendalaman dari klausul 6, dimana manajemen risiko menjadi pendekatan yang digunakan.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai ISO 9001:2015. Pedoman standar mutu global ini dianggap memiliki banyak keunggulan. Sehingga perusahaan atau organisasi yang menjalankannya tidak merasa terbebani untuk mengejar mutu tertinggi.

Post a Comment

0 Comments