Mengenal Komunitas Anti-Riba dan Kegiatan-Kegiatannya

Mengenal Komunitas Anti-Riba dan Kegiatan-Kegiatannya

Daftar isi: [Tampil]
Belakangan ini ajakan untuk masuk komunitas anti riba sedang gencar-gencarnya disiarkan oleh beberapa pihak. Menariknya, seruan anti riba tidak hanya dilakukan di satu kota atau daerah di tanah air. Namun dilakukan secara merata melalui situs online. Sehingga masyarakat yang pro anti riba bisa masuk menjadi anggota komunitas dan bersama-sama memerangi riba.

Apa Itu Komunitas Anti Riba?

Jumlah komunitas yang menentang riba di Indonesia sangat banyak, masing-masing daerah memiliki komunitas tersendiri. Dari sekian banyak komunitas yang berkembang, ada sebuah komunitas di Blora yang dikenal sebagai KARIB (Komunitas Anti Riba).

Program Wakaf Komunitas Anti-Riba
Program Wakaf Komunitas Anti-Riba

KARIB merupakan komunitas non-partisan dan non-profit yang sengaja dibuat sebagai media penampung aspirasi masyarakat dalam memerangi riba. Karena di Indonesia, jumlah anggota yang pro riba sangat banyak.

Dan berasal dari berbagai profesi, mulai dari pekerja kantoran, ibu rumah tangga - ummiabi, pebisnis hingga selebriti. Padahal riba tidak termasuk konsep atau sistem yang sejalan dengan Sunnah dan Al-Quran. Lebih banyak memberikan kesengsaraan dan kesulitan bagi pengguna riba karena utang yang dimilikinya semakin menumpuk dari bulan ke bulan.

Event yang Dilakukan Oleh KARIB

KARIB termasuk komunitas yang sangat populer di Blora. Seringkali mengadakan event-event tertentu dengan ide kreatif dan positif. Berikut ini beberapa event yang pernah dilakukan oleh Komunitas Anti Riba:
  1. Sedekah Akbar
Disebut sebagai sedekah akbar karena jumlah penerima santunan yang diberikan sangat besar. Kurang lebih 1000 anak yatim dhuafa serta penghafal Al-Quran akan diberikan santunan - doa. Menariknya, masyarakat juga dibolehkan untuk ikut memberikan sedekah tanpa jumlah minimum. Asalkan ikhlas, berapapun uang yang disedekahkan akan menjadi pahala.
  1. Berbagai Untuk Korban Bencana Alam
Selain menyiapkan event sedekah akbar untuk anak-anak yatim juga penghafal Al-Quran. Komunitas Anti Riba juga membantu masyarakat bencana alam yang membutuhkan. Ingatkah Anda dengan bencana kebakaran yang pernah terjadi di Kadengan Kamolan, Blora. Komunitas Anti Riba memberikan bantuan berupa pakaian, bahan makanan dan peralatan tulis Al-Quran pada semua korban kebakaran.
  1. Event Ramadan
Di bulan Ramadhan, event yang dilaksanakan oleh KARIB sangat beragam. Mulai dari acara sahur on the road, berbelanja bersama para anak yatim dhuafa atau acara tebar kurma dan takjil. Semua acara yang diselenggarakan memiliki nilai positif yang bagus untuk dilakoni selama bulan puasa.
Komunitas Anti Riba bahkan membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin menjadi relawan atau menyumbangkan sedikit kekayaannya pada orang yang lebih membutuhkan.

Tidak hanya menjejaki KARIBerbagi, Komunitas Anti Riba juga mengajarkan pengetahuan-pengetahuan baru terhadap masyarakat terutama anak-anak. Dengan harapan anak-anak bangsa bisa mengenal konsep islam sejak mereka kecil. Dan lebih baik lagi jika menghindari riba setelah beranjak dewasa.

Membeli sesuatu dengan nilai riba yang tinggi tidak hanya mencurangi diri sendiri tapi juga tuhan. Keyakinan inilah yang melatarbelakangi beberapa pihak untuk membuat KARIB atau komunitas kontra riba lainnya.

Daripada melakukan riba, KARIB lebih mendukung masyarakat untuk melakukan kegiatan positif seperti membantu anak yatim dhuafa. Karena hidup tanpa riba jauh lebih nyaman dan damai, setidaknya Anda tidak harus pusing memikirkan hutang setiap malamnya.

Post a Comment

0 Comments