Pengertian Riset Pemasaran, Proses Dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Pengertian Riset Pemasaran, Proses Dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Sebagian orang yang baru merintis bisnisnya dari bawah kerap melupakan tahap riset pemasaran. Hal ini terjadi karena masih banyak yang belum paham mengenai pengertian riset pemasaran, proses dan manfaatnya bagi bisnis. Banyak yang beranggapan riset pemasaran dan riset pasar itu sama, padahal mereka adalah dua hal yang berbeda.

Pengertian Riset Pemasaran

Riset pemasaran adalah proses penelitian yang dilakukan sebelum memulai pemasaran barang/jasa dan bertujuan untuk meminimalisir kerugian akibat kesalahan dalam penyusunan strategi pemasaran. Riset pemasaran memiliki cangkupan pembahasan yang lebih luas daripada riset pasar.

Langkah Memulai Riset Pemasaran

Pengetahuan umum mengenai pengertian riset pemasaran, proses dan manfaatnya bagi bisnis harus benar-benar diperhatikan. Setelah mengetahui dan paham pengertian dari riset pemasaran, selanjutnya dapat mulai menyusun riset pemasaran.

Lihat juga: Jaringan ranked domain Indonesia

Untuk memulai riset Pemasaran harus mempertimbangkan banyak hal. Jika terjadi kesalahan dalam penyusunan riset pemasaran, maka akan mempengaruhi hasil riset sehingga berdampak pada kegagalan dalam perencanaan pemasaran. Untuk itu, menyusun riset pemasaran harus secara sistematik untuk meminimalisir kesalahan. Berikut proses menyusun riset pemasaran;

1. Merumuskan Masalah yang Akan Diriset

Perumusan Masalah dilakukan untuk membatasi permasalahan yang diangkat agar mempermudah dalam mencapai tujuan. Periset berfokus pada satu pokok masalah untuk menghasilkan informasi yang akurat dan jelas, sehingga pembahasan riset yang diangkat tidak keluar dari jalurnya.

2. Menetapkan Disain Riset yang Akan Digunakan

Disain riset memiliki beragam jenis dengan fungsi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Pada umumnya terdapat tiga jenis disain yaitu; eksploratori, deskriptif, dan kausal. Penentuan disain riset didasarkan pada penetapan rumusan masalah. Pada tahap ini periset merinci prosedur yang akan digunakan untuk menjawab rumusan masalah yang telah disusun.

3. Proses Pengumpulan Data Riset Pemasaran

Ada dua data yang harus dimiliki oleh periset yakni data primer yang didapatkan secara langsung, maupun sekunder yang didapat dari hasil penelitian orang lain. Data pimer diperoleh dari tahap wawancara, survei, observasi dan eksperimen. Sementara data sekunder didapat dari catatan orang yang telah melakukan penelitian sebelumnya sebagai panduan dan referensi.

4. Terjun Lapangan Untuk Proses Mengambil sampel

Tahap selanjutnya adalah terjun ke lapangan untuk mulai mengambil sampel dengan metode sampling, baik probability maupun non probability sampling. Sampel ini diperlukan sebagai bahan untuk mengukur minat dari responden terhadap pembahasan yang menjadi pokok masalah usaha yang tengah dijalankan.

5. Analisa dan Interpretasi Data yang Telah Dikumpulkan

Pengolahan data dilakukan untuk menemukan jawaban dan kesimpulan dari masalah yang sedang dibahas. Mengolah data riset pemasaran dapat dimulai dari; editing, coding, tabulasi, analisa statistik dan berakhir dengan interpretasi data.

6. Menyusun Laporan Riset Pemasaran

Langkah terakhir dalam proses riset pemasaran sebelum disampaikan kepada pihak manajemen adalah menyusun laporan riset pemasaran. Untuk menyusun laporan ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar laporan riset dapat dengan mudah dipahami. Laporan harus sistematis dengan penggunaan tata bahasa baku, tidak berbelit/efisien, rapi, dan menarik untuk dibaca.

Manfaat Menyusun Riset Pemasaran

Mengetahui pengertian riset pemasaran, proses dan manfaatnya bagi bisnis sangat diwajibkan bagi wirausaha. Riset pemasaran dilakukan untuk mengatasi masalah yang akan datang dalam strategi pemasaran. Selain itu riset pemasaran juga dapat memperbesar peluang keberhasilan usaha dari strategi pemasaran yang dilakukan.

Produk baru wajib melalui riset pemasaran
Produk baru wajib melalui riset pemasaran sebelum diluncurkan

Dengan adanya riset pemasaran, pihak manajemen dapat mengetahui apa saja yang harus dibenahi dan ditambah dalam strategi pemasaran. Hasil riset pemasaran juga dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi pihak manajemen sebelum membuat strategi pemasaran untuk meraup pangsa pasar yang besar.

Akan banyak sekali perubahan dari usaha yang dijalankan seseorang setelah mengetahui pengertian riset pemasaran, proses dan manfaatnya bagi bisnis. Pengusaha dapat mengikuti langkah-langkah dalam penyusunan riset pemasaran untuk meminimalisir kerugian guna mencapai keuntungan dari usaha yang dijalankan.

Post a Comment

0 Comments